Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Kesang dan Ahmad Luthfi Bersaing Ketat di Jateng

| 18 Jul 2024 11:30
Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Kesang dan Ahmad Luthfi Bersaing Ketat di Jateng
Elektabilitas Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep tertinggi di Jawa Tengah. (Dok. DPP PSI).

ERA.id - Litbang Kompas merilis survei terbaru mengenai elektabilitas tokoh-tokoh untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024. Hasilnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bersaing ketat dengan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Berdasarkan survei Litbang Kompas pada Kamis (18/7/2024), elektabilitas Kaesang menduduki posisi teratas dengan perolehan sebesar 7 persen. Di posisi kedua ditempati Ahmad Luthfi dengan elektabilitas sebanyak 6,8 persen.

Selain Kaesang dan Ahmad Luthfi, muncul nama-nama lainnya yang masuk bursa di Pilgub Jateng 2024. Namun elektabilitanya di bawah 5 persen.

Diantaranya yaitu, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 3,2 persen.

Muncul juga nama artis Raffi Ahmad dengan elektabilitas 2,8 persen. Disusul Bupati Kendal Dico Ganinduto 2,6 persen.

Nama Bibit Waluyo juga masih masuk bursa dengan elektabilitas sebesar 2,4 persen. Selanjutnya ada nama Hendrar Prihadi 2 persen, Muhammad Yusuf Chudlori 1,2 persen, Bambang Wuryanto 1,2 persen, dan Sudirman Said 0,8 persen. Serta tokoh-tokoh lainnya dalam angka 6 persen.

Meski begitu, Litbang Kompas mencatat, responden yang belum menentukan pilihannya sangat tinggi. Ada 64 persen responden yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab

terkait pilihan calon gubernur Jawa Tengah.

Litbang Kompas menggelar survei wawancara tatap muka pada 20-25 Juni 2024. Sebanyak 500 responden dipilih secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Survei memiliki margin of error penelitian kurang lebih 4,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi