Sudaryono Batal Maju Cagub, Golkar: Peta Politik Pilgub Jateng Akan Berubah

| 18 Jul 2024 22:10
Sudaryono Batal Maju Cagub, Golkar: Peta Politik Pilgub Jateng Akan Berubah
Sekjen Golkar Lodewijk Paulus prediksi peta politik Pilgub Jateng 2024 berubah setelah pelantikan Sudaryano jadi wamentan. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Sekjen Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menilai, peta politik di Jawa Tengah jelang Pilkada 2024 bakal berubah usai politisi Partai Gerindra, Sudaryono batal maju sebagai bakal calon gubernur di provinsi tersebut. 

Adapun Sudaryono mengundurkan diri dari bursa calon gubernur setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) pada Kamis (18/7).

“Yang menarik katanya Pak Sudaryono itu mundur dari pencalonan sebagai bakal calon gubernur. Ini peta politiknya akan berubah,” kata Lodewijk kepada wartawan di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Lebih lanjut Lodewijk mengatakan, nama Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi masih menjadi prioritas partainya sebagai bakal calon gubernur dalam Pilgub Jateng. Namun, ia menyebut, Golkar sedang menunggu Luthfi mengakhiri masa kedinasannya di instansi Polri.

“Kami masih menunggu karena Pak Luthfi kan masih anggota Polri aktif, kan enggak lucu Kapolri ngasih perintah, Partai Golkar ngasih perintah,” ucap Lodewijk.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024). 

Usai dilantik, Sudaryono memastikan dirinya tak jadi maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024. Dia diinstuksikan untuk fokus membantu Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Untuk pencalonan gubernur, dengan pelantikan ini saya nyatakan, saya tidak, Partai Gerindra tidak mengusung saya, dan saya tidak berkampanye unuk gubernur lagi," kata Sudaryono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7).

Rekomendasi