Jadi Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono Batal Maju Cagub Jateng

| 18 Jul 2024 21:10
Jadi Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono Batal Maju Cagub Jateng
Sudaryono memastikan tak maju Pilgub Jateng 2024 usai dilantik sebagai wamentan. (Antara).

ERA.id - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono memastikan dirinya tak jadi maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024, usai dilantik sebagai wakil menteri pertanian (wamentan).

"Untuk pencalonan gubernur, dengan pelantikan ini saya nyatakan, saya tidak, Partai Gerindra tidak mengusung saya, dan saya tidak berkampanye unuk gubernur lagi," kata Sudaryono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Dia mengaku mendapat instruksi dari Partai Gerindra untuk fokus membantu Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Tentu dengan penugasan yang baru ini, saya sudah mendapatkan instruksi untuk tidak maju di Pilkada Jawa Tengah dan fokus untuk membantu menteri pertanian dan membantu presiden serta wakil presiden," ucapnya.

Disinggung soal siapa yang bakal direkomendasikan Partai Gerindra untuk maju di Pilgub Jateng 2024, Sudaryono enggan membocorkannya.

Nama-nama seperti Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi hingga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang elektabilitasnya cukup moncer, menurutnya masih dipertimbangkan. Sebab dinamika politiknya masih sangat cair.

"Kita tuggu tanggal mainnya," ucapnya.

Dia hanya memastikan bahwa partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) bakal kompak mengusung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilgub Jateng mendatang.

"Nah? Keputusannya seperti apa, saya kira kita mesti tunggu. Ya enggak lama lagi lah, sebulan lagi udah keliatan nama-namanya," ujar Sudaryono.

Rekomendasi