Ikut Berduka, Jokowi Kenang Hamzah Haz Sebagai Sosok Negarawan

| 24 Jul 2024 14:22
Ikut Berduka, Jokowi Kenang Hamzah Haz Sebagai Sosok Negarawan
Presiden Joko Widodo usai melayat Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. Dia melayat langsung ke rumah duka.

"Telah berpulang ke rahmatullah tadi pagi almarhum Bapak Dr. H. Hamzah Haz dalam usia beliau yang ke 84 tahun, atas nama pemerintah, atas nama bangsa dan rakyat, kami ikut berduka cita yang mendalam," kata Jokowi di rumah duka Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (24/7/2024).

Jokowi mengenang Hamzah Haz sebagai sosok negarawan yang sudah bayak berkontribusi untuk bangsa dan negara.

"Beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara baik sebagai Wakil Presiden di tahun 2001-2004 maupun pengabdian lainnya yang kita tahu sangat-sangat banyak," kata Jokowi.

Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz wafat di Jakarta, Rabu (24/7). Jenazah akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Rabu siang ini.

Hamzah Haz merupakan wakil presiden yang mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat wakil presiden pada 2001 hingga 2004.

Sebelum itu, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Rekomendasi