Jokowi Tak Ikut ke Pemakaman, Jenazah Hamzah Haz Dibawa ke Bogor

| 24 Jul 2024 14:55
Jokowi Tak Ikut ke Pemakaman, Jenazah Hamzah Haz Dibawa ke Bogor
Prosesi penyerahan jenazah Hamzah Haz kepada pemerintah di rumah duka. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Jenazah Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz diberangkatan dari rumah duka di Jalan Tegalan, Mataraman, Jakarta Timur menuju Bogor, Jawa Barat. Hamzah Haz akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor.

Sebelum diberangkatkan, digelar terlebih dahulu upacara militer di rumah duka, Rabu (24/7/2024). Pihak keluarga menyerahkan jenazah Hamzah Haz kepada pemerintah untuk dimakamkan secara militer.

"Atas nama negara, bangsa, dan tentara nasional Indonesia menerima jenazah almarhum Haji Hamzah Haz selanjutnya jenazah almarhum akan saya berangkatkan ke tempat pemakamannya di TPU Bogor untuk dimakamkan secara militer," ujar Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung.

Dengan prosesi secara militer peti jenazah yang dibalut kain merah putih dibawa ke Bogor untuk dimakamkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo datang melayat ke rumah duka. Namun dia tak ikut mendampingi hingga pemakaman.

"Nanti upacara pemakaman akan dipimpin oleh Pak Menko dan dilaksanakan di pemakaman di Bogor," kata Jokowi.

Selain Jokowi, sejumlah tokoh juga datang melayat. jajaran wakil presiden RI mulai dari Try Sutrisno, Budiono, hingga Jusuf Kalla. Terlihat juga wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu turut hadir Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Daisuki, Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Diketahui, Hamzah Haz merupakan wakil presiden yang mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat wakil presiden pada 2001 hingga 2004.

Sebelum itu, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Rekomendasi