PUPR Targetkan 12 Tower Rusun Hunian ASN Siap Sebelum HUT RI di IKN, Pastikan Disediakan Furnitur

| 26 Jul 2024 19:45
PUPR Targetkan 12 Tower Rusun Hunian ASN Siap Sebelum HUT RI di IKN, Pastikan Disediakan Furnitur
Desain rumah susun (rusun) ASN di IKN Nusantara. ANTARA/HO - Kementerian PUPR

ERA.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN menargetkan 12 tower Rumah Susun (Rusun) Hunian ASN-Hankam siap sebelum HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Mudah-mudahan pada sebelum 17 Agustus 2024 sudah 12 tower rusun ASN yang siap," ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga, di Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (26/7/2024).

Rencananya Rusun Hunian ASN tersebut akan dipergunakan terlebih dahulu sebagai tempat akomodasi menginap bagi para petugas upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN.

"Pada prinsipnya ada furnitur dan bisa digunakan," kata Danis.

Lokasi 12 tower Rusun Hunian ASN-Hankam tersebut berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Rusun ASN merupakan hunian tempat tinggal untuk para ASN dan personel Pertahanan Keamanan (Hankam) yang nantinya bertugas di IKN Nusantara.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan memulai pembangunan rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN) di IKN dengan total keseluruhan 47 menara atau tower rusun dalam rangka mendukung pemindahan ASN secara bertahap mulai 2024.

Secara keseluruhan dari 47 menara rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya. Pembangunan rusun terdiri atas 31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit.

Kemudian Rusun Hankam terdiri atas 7 rusun untuk personel Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit.

Masing-masing tower setinggi 12 lantai, terdiri atas lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasos/fasum (fitness, public space, dsb), sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian. Setiap unitnya disiapkan tiga kamar tidur.

Rekomendasi