Baleg Ganti Ketua, Pimpinan DPR: Penyegaran

| 06 Aug 2024 15:35
Baleg Ganti Ketua, Pimpinan DPR: Penyegaran
Supratman Andi Agtas diganti dari ketua Baleg DPR. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Anggota DPR Supratman Andi Agtas diganti dari posisinya sebagai ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR. Dia digantikan oleh Wihadi Wiyanto yang juga legislator dari Fraksi Gerindra.

Pergantian ketua Baleg DPR dilakukan di sela-sela rapat pleno pembahasan daftar rancangan undang-undang (RUU) yang akan dialihan pembahasannya atau carry over, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memimpin langsung pergantian tersebut. Dia mengatakan, hal ini sesuai dengan surat yang diterima pimpinan DPR tertanggal 1 Agustus 2024.

"Oleh sebab itu, saudara Wihadi Wiyanto akan ditetapkan sebagsi Ketua Badan Legislasi menggantikan saudara Supratman Andi Agtas," kata Dasco dan disetujui seluruh anggota Baleg.

Ditemui usai rapat, Dasco mengaku tidak ada alasan khusus mengganti Supratman dari posisi ketua Baleg DPR. Menurutnya, rotasi ini hanya penyegaran saja.

"Alasannya enggak ada. Penyegaran aja dan untuk kepada yang baru dilantik kan kemudian terpilih lagi untuk lebih menyelami atau lebih mendalami dan belanja masalah-masalah yang ada di Baleg," katanya.

Menurut Dasco, pergantian itu merupakan usulan dari Fraksi Gerindra. Diketahui, rotasi anggota alat kelengkapan dewan (AKD) merupakan kewenangan fraksi.

"Ya itu usulan dari fraksi untuk kemudian melakukan pergantian penyegaran di Baleg," ucap Dasco.

Rekomendasi