Wacana PKS Bakal Gabung KIM Plus, Anies Yakin Tidak Bakal Ditinggalkan di Pilgub Jakarta

| 08 Aug 2024 12:40
Wacana PKS Bakal Gabung KIM Plus, Anies Yakin Tidak Bakal Ditinggalkan di Pilgub Jakarta
Anies Baswedan. (ERA.id/Flori Anastasia).

ERA.id - Anies Rasyid Baswedan yakin bahwa dirinya tidak bakal ditinggalkan oleh partai-partai politik pendukungnya dalam Pilkada Jakarta 2024, termasuk PKS. Menurut dia, aspirasi masyarakat yang ada saat ini bakal tetap dijaga.

Hal ini Anies sampaikan saat disinggung soal peluang bergabungnya PKS dalam wacana pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus pada Pilkada 2024.

"Tapi Alhamdulillah, kami percaya bahwa aspirasi rakyat Jakarta akan terus dijaga. Karena semua partai mendapatkan kursi itu aspirasi dari rakyat dan aspirasi rakyat Jakarta sejauh ini kalau kita perhatikan, DPW-DPW partai di Jakarta sudah mengusulkan nama. Nah, nama-nama itu adalah cerminan dari aspirasi warga," kata Anies di Akademi Bela Negara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024).

"Nah, saya percaya dan sampai sekarang kan juga masih sama bahwa semua akan bekerja bersama untuk nantinya bersama-sama memenangkan Pilkada Jakarta," sambungnya.

Bakal calon gubernur dalam Pilgub Jakarta ini meyakini amanat yang sudah diberikan oleh masyarakat akan tetap dijaga oleh partai. Sehingga nantinya bakal terpilih kepala daerah yang terbaik demi kemajuan Jakarta.

"Jadi saya percaya bahwa semua yang sudah mendapatkan amanat dari rakyat Jakarta akan menjaga amanat ini dengan baik. Dan bagi saya sendiri ini adalah tentang Jakarta, kita ingin Jakarta lebih modern, kita ingin Jakarta lebih maju, kita ingin Jakarta menjadi kota global, dan kota yang mengayomi semua," jelas Anies.

"Dan itulah yang menjadi fokus kami selama ini dan kami percaya semua partai juga menginginkan agar Jakarta menjadi maju dan berkembang, kita fokusnya kesitu," sambung mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Saat ditanya, apa yang membuat dirinya percaya bahwa partai-partai pengusungnya akan tetap mendukungnya, Anies menegaskan, hingga kini ia tidak melihat terjadi perubahan apapun.

"Atau sebaliknya, apa yang membuat saya tidak percaya? Enggak ada. Saya percaya. Saya melihat tidak ada perubahan," tegas Anies.

"Gosip memang macam-macam. Tapi kita merujuk pada silap resmi dan kami yakin demokrasi di Jakarta akan tetap terjaga, aspirasi juga akan muncul di partai-partai," imbuh dia.

Anies memastikan, komunikasi dengan partai lainnya tetap terjalin dengan baik. "Makanya kami optimis apa yang diharapkan oleh warga Jakarta, nanti tercermin kan Pilkada namanya juga pemilihan kepala daerah, tentu mencerminkan aspirasi yang ada di daerah itu. Dan itulah yang harus jadi fokus kita. Fokusnya tentang Jakarta dan bagaimana Jakarta lebih maju," ujar dia.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) memberi sinyal bakal ada tiga partai yang bergabung bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM), yaitu NasDem, PKB, dan PKS. Tambahan partai ini menjadi vitamin baru untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Hal itu merespons perkembangan terbaru terkait wacana pembentukan KIM plus.

"Kalau adanya KIM plus itu, siapapun partainya, apakah tambahannya itu melibatkan partai-partai di luar KIM seperti NasDem, PKB, atau PKS, tentu itu merupakan tambahan vitamin untuk kita," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8).

Dia mengatakan, tambahan partai politik yang tergabung dalam KIM untuk mempekuat kerja sama politik di sejumlah daerah strategis dalam Pilkada Serentak 2024. Misalnya Pilgub Jakarta dan Pilgub Jawa Barat.

Rekomendasi