Munas Golkar Digelar 20 Agustus, Agus Gumiwang Tak Maju Calon Ketua Umum

| 13 Aug 2024 21:55
Munas Golkar Digelar 20 Agustus, Agus Gumiwang Tak Maju Calon Ketua Umum
Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, partainya bakal menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) ke-11 Golkar pada pekan depan di Jakarta. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno yang dilaksanakan malam ini.

Adapun dalam rapat pleno itu juga sekaligus mengesahkan pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan menetapkan Agus Gumiwang sebagai Plt Ketua Umum.

"Tadi di dalam rapat pleno sudah diputuskan, sudah disepakati bahwa Rapimnas insyaallah akan kita selenggarakan pada tanggal 20 Agustus yang akan datang," kata Agus dalam konferensi pers usai rapat pleno di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024) malam.

"Kita rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari, kemudian malam harinya, 20 Agustus malam kita rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar yang juga disepakati dan diputuskan akan digelar di Jakarta," sambungnya menjelaskan.

Agus menjelaskan, dalam Munas tersebut nantinya bakal dilakukan pemilihan ketua umum definitif Partai Golkar. Namun, ia mengaku, dirinya tidak mencalonkan diri sebagai ketua umum.

"Kalau Munas, itu yang pasti akan dijadikan forum untuk pemilihan ketua umum baru, ketua umum definitif," ungkap dia.

"Saya tidak maju (sebagai calon ketua umum Partai Golkar)," imbuh Agus sembari menggelengkan kepalanya 

Diketahui, Airlangga Hartarto secara mendadak menyampaikan mengundurkan diri dari posisi ketua umum Partai Golkar pada Minggu (11/8). Alasannya karena urusan pribadi.

Menyikapi dinamika tersebut, DPP Partai Golkar segera menggelar rapat pleno untuk menentukan Plt ketua umum dan jadwal rapimnas dan munas.

Rekomendasi