Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Maruf Amin di Istana Jakarta

| 17 Aug 2024 10:35
Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Maruf Amin di Istana Jakarta
Presiden Jokowi pimpin Upacara HUT-79 RI di IKN Kalimantan Timur. (Youtube Sekretariat Presiden).

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Dalam kesempatan itu, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi terlihat menggunakan baju adat Suku Kustin Kalimantan Timur, sekira pukul 10.10 WIB. Turut hadir para menteri kabinet Indonesia Maju. 

Sedangkan, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengikuti upacara di Istana Negara Jakarta dengan dihadari para menteri, tamu undangan dan para duta besar. 

Ma'ruf Amin bersama istrinya Wury Estu Handayani menggunakan baju dari daerah adat Pontianak Kalimantan Barat dari Suku Melayu Sambas.

Pada kesempatan ini, puluhan warga menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-79 Republik Indonesia di seberang Istana Merdeka Jakarta, tepatnya di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu pagi. 

"Saya datang ke sini ingin melihat secara langsung peringatan detik-detik proklamasi, tapi tidak diperkenankan masuk," kata warga Palu, Sulawesi Tengah, Warni Tahaparo di Jakarta. 

Dirinya bersama sang suami sudah di Jakarta sejak tiga hari lalu dan sengaja datang ke sini untuk menghadiri Upacara Peringatan Proklamasi meski dipusatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rekomendasi