Sebut Upacara HUT ke-79 RI Paling Berkesan, Ma'ruf Amin: Ini Bentuk Pamitan, Karena yang Terakhir

| 17 Aug 2024 15:15
Sebut Upacara HUT ke-79 RI Paling Berkesan, Ma'ruf Amin: Ini Bentuk Pamitan, Karena yang Terakhir
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Merdeka, Jakarta. (Istimewa)

ERA.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Upacara HUT ke-79 RI ini paling berkesan untuknya. Sebab merupakan upacara hari kemerdekaan terakhirnya sebelum masa jabatannya berakhir pada 20 Oktober mendatang.

"Ya saya kira ini sangat berkesan, karena ini yang terakhir," kata Ma'ruf di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Dia mengatakan, upacara hari kemerdekaan tahun ini merupakan bentuk pamitannya karena masa jabatannya hanya tersisa dua bulan lagi. Selain itu, dia menilai Upacara HUT ke-79 RI yang digelar di dua tempat secara bersamaan juga menambah rasa terkesannya.

Diketahui, Upacara HUT ke-79 RI digelar di Istana Merdeka, Jakarta dan Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) secara hybrid. 

"Nah sekarang ini kita wadae namanya, pamitan, untuk yang terakhir kalinya. Ditambah lagi upacaranya tidak seperti biasa, di 2 tempat. Ini momentum bersejarah," ucapnya. 

Dia menambahkan perayaan Hari Kemerdekaan di dua tempat itu merupakan bentuk komitmen pemerintah. Karena pemerintah ingin menunjukan berkomitmen membangun wilayah baru.

"Kita harapkan nantinya menjadi mobil apa namanya itu, penggerak Indonesia maju ke depan, dan juga untuk mempersatukan kita bahwa persatuan kita, kebersamaan kita tidak terhalang oleh batas geografis. Itu kan bisa dilakukan di dua tempat. Kita juga mengharapkan ini akan semakin terbangun persatuan Indonesia, kebersamaan, keadilan, kemerataan untuk seluruh rakyat Indonesia," jelas Ma'ruf.

Rekomendasi