Profil Suswono Calon Wagub DKI Jakarta yang Akan Dampingi Ridwan Kamil

| 20 Aug 2024 22:00
Profil Suswono Calon Wagub DKI Jakarta yang Akan Dampingi Ridwan Kamil
Profil suswono calon wagub dki (antaranews)

ERA.id - Profil Suswono calon Wagub DKI Jakarta menjadi sorotan setelah menjadi kandidat terkuat untuk mendampingi Ridwan Kamil (RK) dalam Pemilihan Umum Gubernur Daerah (Pilgub) Jakarta 2024.

Nama Suswono sempat mencuat dengan inisial "S," menarik perhatian publik. Siapakah sosok yang tengah menjadi sorotan ini? Berikut profil dan jejak karier Suswono yang menarik untuk disimak.

Profil Suswono Calon Wagub DKI

Deklatasi Ridwan Kamil dan Suswono (antaranews)
  1. Berasal dari Keluarga Islami

Suswono, yang lahir pada 20 April 1959, berasal dari latar belakang keluarga yang kaya akan tradisi keagamaan. Ayahnya, Asyraf, merupakan anggota keluarga Nahdlatul Ulama, sementara ibunya, Suratni, berasal dari keluarga pedagang Muhammadiyah.

Suswono adalah anak sulung dari tujuh bersaudara, dengan enam adik yang bernama Suciati, Agus, Artati Budi, Arum, Arif, dan Imam Setiaji.

Istri Suswono bernama Anna Mariam Fadhilah, dan saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor dari fraksi PKS untuk periode 2019-2024.

  1. Riwayat Pendidikan

Suswono menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1) di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan fokus studi pada Sosial Ekonomi Peternakan.

Kemudian Suswono melanjutkan studi magister di jurusan Manajemen Agribisnis di kampus yang sama, dan meraih gelar Doktor (S3) dalam bidang Manajemen Bisnis, juga dari IPB. Selama kuliah, Suswono juga aktif dalam berbagai organisasi, di mana ia memegang sejumlah posisi strategis.

  1. Pernah Menjadi Dosen

Sebelum terjun ke dunia politik, Suswono dikenal lantaran berkarier sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain itu, ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Ummul Quro Bogor dan dosen di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Di luar bidang akademik, juga Suswono memiliki peran penting dalam berbagai organisasi. Ia pernah menjadi Penasihat KADIN, Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah, Penasihat KB PII, serta Penasihat ICMI Bogor.

Selain itu, Suswono juga pernah menjabat sebagai Anggota Wali Amanah IPB, Ketua HMI Cabang Bogor, dan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB.

  1. Pernah Maju Bupati Brebes

Suswono, yang dulu pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pernah mencalonkan diri sebagai calon Bupati Brebes dalam Pilkada Serentak 2017.

Pada saat itu, Suswono berpasangan dengan Ahmad Musttaqin. Namun, dalam kontestasi tersebut, Suswono dan Musttaqin kalah bersaing dengan pasangan Idza Priyanti dan Narjo.

Namun, Suswono dan Musttaqin hanya meraih 270.036 suara atau 32,99 persen, sementara Idza dan Narjo unggul dengan 548.621 suara atau 67,01 persen.

  1. Tokoh Pendiri Partai Keadilan

Suswono merupakan salah satu tokoh pendiri Partai Keadilan (PK), yang kemudian menjadi cikal bakal Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Suswono saat ini, tercatat masih menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS untuk periode 2020-2025.

  1. Bergabung Bersama Kang Emil

Suswono akan berpasangan dengan Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, yang kini menjadi bakal calon gubernur (bacagub) dalam Pilgub Jakarta.

Deklarasi pasangan Ridwan Kamil dan Suswono diumumkan oleh 12 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru, Jakarta Maju. Acara deklarasi tersebut berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada Senin (19/8/2024) kemarin.

Selain profil suswono calon wagub dki, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi