Demo Tolak RUU Pilkada Memanas, Massa Mulai Bakar dan Coret Tembok Gedung DPR

| 22 Aug 2024 14:15
Demo Tolak RUU Pilkada Memanas, Massa Mulai Bakar dan Coret Tembok Gedung DPR
Massa bakar tembok DPR (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Mahasiswa datang berunjuk rasa menolak RUU Pilkada di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2024). Mereka melakukan perusakan dan melempar benda-benda ke halaman Kompleks Parlemen.

Pantauan ERA, massa mahasiswa memadati depan gedung DPR dari sekira pukul 13.30 WIB. Mereka menggantikan massa buruh yang telah selesai berunjuk rasa.

Para massa ini membakar ban dan spanduk-spanduk yang dibawanya. Mereka lalu merusak tanaman di depan gedung DPR, yang kemudian mereak bakar.

Bukan hanya itu saja, tembok bangunan di Kompleks Parlemen juga turut menjadi sasaran vandalisme. Massa mencoret-coret tembok dengan Pilox, yang di antaranya bertuliskan "Jokowi T*lol". Beberapa orang juga terlihat melempar botol air mineral ke halaman gedung DPR.

Sebagian mahasiswa memanjat pagar depan gedung DPR. Mereka mencoba untuk membuka pagar gedung parlemen ini. Namun karena tak berhasil, mereka merusak pagar dengan mencabut teralis besi itu.

Orator berorasi bergantian dari atas mobil komando untuk menyuarakan penolakannya terhadap DPR yang melawan putusan MK dengan merevisi UU Pilkada.

Polisi masih melakukan penjagaan di sekitar lokasi. Jalan Gatot Subroto di depan gedung DPR telah ditutup.

Rekomendasi