Maju Pilgub Banten Lewat PDIP, Megawati ke Airin: Stunting Harus Nol

| 26 Aug 2024 17:15
Maju Pilgub Banten Lewat PDIP, Megawati ke Airin: Stunting Harus Nol
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menugaskan bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmi Diany untuk menuntaskan stunting. Jika terpilih nanti, angka stunting harus nol.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya setelah memberikan rekomendasi kepada Airin-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024 di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

"Masih banyak itu anak stunting. Nanti kalau Bu Airin cepat-cepat itu, yang namanya Banten kalau jadi situ, ya, stunting kok pakai persen-persen. Stunting itu, ya, nol," kata Megawati.

Megawati mengatakan, stunting harus jadi perhatian karena bukan membuat anak tumbuh kerdil tapi juga mempengaruhi kecerdasan. Bahkan, dia mengaku pernah menegur Andika Perkasa saat menjabat sebagai Panglima TNI.

Sebab, Andika pernah menurunkan syarat tinggi badan TNI dari 170 cm menjadi 160 cm.

"Eh, Dik (Andika), gimana sih kamu Panglima, malah nurunin ini, tinggi badan, tadinya 170, sekarang diturunin 160," kata Megawati.

Kondisi ini membuat Megawati ingin Airin cerewet soal mengatasi tengkes. "Bagaimana regenerasi kita kalau anak bangsanya kena stunting? Sudah pendek, kurus, betul, lho. Mungkin enggak sampai 100 kali IQ-nya, mungkin di bawah itu 80-an, aduh mau ngajarinnya susah lho, gitu lho," sambung Megawati.

Diberitakan sebelumnya, PDIP kembali mengumumkan calon kepala daerah gelombang ketiga pada Senin, 26 Agustus. Di antaranya adalah Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang maju di Pilgub Jateng dan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.

Rekomendasi