Daftar Istilah Penting Pendaftaran CPNS 2024 yang Harus Dipahami Pelamar

| 27 Aug 2024 10:00
Daftar Istilah Penting Pendaftaran CPNS 2024 yang Harus Dipahami Pelamar
Istilah penting pendaftaran cpns 2024 (antaranews)

ERA.id - Terdapat beberapa istilah penting pendaftaran cpns 2024 yang harus Anda pahami sebelum mendaftar. Hal tersebut agar tidak tertinggal dan dapat bersaing secara efektif.

Proses pendaftaran CPNS memang terbilang kompleks dan membutuhkan persiapan yang matang. Untuk itu, artikel ini akan menjadi panduan lengkap bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang istilah-istilah penting tersebut.

Apa Saja Istilah Penting Pendaftaran CPNS 2024?

  1. Apa yg dimaksud Formasi CPNS?

Formasi dalam konteks kepegawaian negara adalah suatu perencanaan yang menetapkan jumlah dan jenjang jabatan PNS yang dibutuhkan oleh suatu instansi.

Penetapan formasi CPNS didasarkan pada analisis terhadap jenis pekerjaan, tingkat kesulitan tugas, serta beban kerja yang harus ditanggung oleh setiap jabatan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

  1. Formasi Umum dan Khusus

Formasi khusus dalam seleksi CPNS dirancang untuk menjaring individu yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan jabatan yang bersifat spesifik.

Namun sebaliknya, formasi umum ditujukan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan umum yang telah ditetapkan.

  1. Beda PPPK dan CPNS

Beberapa tahun ini muncul PPPK dalam pendaftaran CPNS dan tidak banyak calon pendaftar tidak mengetahui perbedaannya. Padahal berbeda hingga sistem honorariumnya.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja  (PPPK) itu seperti pegawai negeri kontrak, sementara Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah calon pegawai negeri yang sedang dalam tahap percobaan.

PPPK bekerja berdasarkan perjanjian, sedangkan CPNS harus melalui berbagai tahapan seleksi untuk menjadi pegawai negeri tetap.

Beda PPPK dan CPNS (antaranews)
  1. TMS

Pelamar yang dinyatakan TMS atau Tidak Memenuhi Syarat, berarti dokumen yang mereka sertakan tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia seleksi CPNS.

Baca juga artikel yang membahas Dokumen Persyaratan Daftar CPNS 2024

Status TMS menandakan bahwa berkas lamaran calon pegawai negeri sipil tersebut tidak memenuhi persyaratan administratif yang telah ditetapkan, sehingga mereka tidak dapat melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

  1. SKD dan SKB

Seleksi CPNS sendiri memiliki dua tahap utama, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKD dirancang untuk menguji pengetahuan umum, logika, dan kemampuan dasar calon pelamar. Sementara itu, SKB lebih spesifik, fokus mengukur kemampuan dan pengetahuan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dituju.

  1. Kode P/L, P, TL, dan TH

Berdasarkan hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS, peserta akan menerima kode yang mengindikasikan status kelulusannya. Adapun terdapat beberapa kode yang muncul sebagai berikut:

  • Kode P/L: Peserta dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) dan berhak mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu seleksi kompetensi bidang (SKB). Secara sederhana, peserta telah memenuhi seluruh nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan untuk setiap komponen tes SKD, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  •  Kode P: Peserta memenuhi nilai ambang batas SKD namun tidak berhak mengikuti SKB. Hal ini umumnya disebabkan oleh pembatasan jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB untuk setiap formasi jabatan tertentu.
  • Kode TL: Peserta tidak lulus SKD karena tidak memenuhi nilai ambang batas pada salah satu atau beberapa komponen tes SKD.
  • Kode TH: Peserta tidak hadir mengikuti pelaksanaan tes SKD.

Selain istilah penting pendaftaran cpns 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi