Jeje-Ronal, Keputusan Final PDIP di Menit Akhir Pendaftaran Pilgub Jabar

| 30 Aug 2024 02:15
Jeje-Ronal, Keputusan Final PDIP di Menit Akhir Pendaftaran Pilgub Jabar
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengakui, keputusan mengusung Jeje Wiradinata dan Ronal Sunandar Surapraja baru diambil di detik-detik terakhir jelang penutupan pendaftaran calon kepala daerah. Jeje-Ronal dimajukan sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024.

Dia menyebut, awalnya PDIP mempertimbangkan mengusung Ono Surono dan Jeje di Pilgub Jabar 2024 hingga Kamis (29/8) sore.

"Ssbenarnya sejak sore tadi, ada muncul opsi antara Pak Ono Surono dengan Pak Jeje," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2024) dini hari.

Namun keputusan berubah setelah PDIP melihat kandidat pasangan calon lain yang maju di Pilgub Jabar 2024.

Dari komposisi pasangan calon yang ada, PDIP lantas memutuskan memasangkan Jeje dengan Ronal Surapraja, kader banteng yang lama berkiprah di dunia entertainment.

Hasto mengatakan, Ronal merupakan sosok muda yang memiliki kemampuan komunikasi dan mampu menjelaskan masalah-masalah warga dengan cara yang lugas dan ringan.

"Setelah melihat komposisi dari tiga pasangan calon yang lain, akhirnya kita cari sosok muda yang punya spirit kemampuan komunikasi yang baik, tetapi mampu menjelaskan masalah-masalah rakyat dengan ringan," kata Hasto.

"Sehingga akhirnya dipilihlah Bung Ronald untuk mendampingi Pak Jeje," imbuhnya.

Dia tak menampik ada nama lain di luar kader PDIP yang sempat dipertimbangkan untuk dicalonkan di Pilgub Jabar 2024. Diantaranya yaitu eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Kemudian kita tahu kan suasana kebatinan dari masyarakat Jawa Barat, mereka karena emosional bonding di dalam tradisi kultural yang sangat kuat, mereka mengharapkan cagub-cawagub itu berasal dari kalangan mereka. Maka akhirnya diputuskan Jeje dan Ronal," kata Hasto.

Sebagai informasi, Pilgub Jabar 2024 akan diikuti oleh empat pasangan calon.

Pertama, Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM). Pasangan ini yang pertama kali mendaftar ke KPUD Jabar.

Selanjutnya ada Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang diusung oleh PKS dan NasDem.

Kemudian, PKB memilih mengusung calon sendiri yaitu Adang Ruhiyat dan Gitalis Dwi Natarina alias Gita KDI.

Lalu PDIP di menit terakhir memunculkan Jeje-Ronal, setelah sebelumnya santer beredar akan mengusung Anies Baswesdan.

Rekomendasi