Mengenal Masa Sanggah CPNS 2024 dan Prosedur Pengajuannya

| 07 Sep 2024 15:30
Mengenal Masa Sanggah CPNS 2024 dan Prosedur Pengajuannya
Ilustrasi suasana tes CPNS (Antaranews)

ERA.id - Masa sanggah merupakan tahapan krusial dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Bagi para pelamar yang merasa ada kejanggalan, mari mengenal pengertian apa itu masa sanggah cpns 2024.

Artikel ini akan mengupas tuntas mengenai masa sanggah CPNS 2024, mulai dari pengertian, tujuan, hingga tata cara mengajukan sanggahan.

Perlu diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menetapkan jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2024. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui situs resmi BKN pada tanggal 14 hingga 17 September 2024.

Bagi para peserta yang tidak puas dengan hasil seleksi dapat mengajukan sanggahan secara online selama masa sanggah yang berlangsung pada tanggal 18 hingga 20 September 2024.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Nilai Ambang Batas CPNS 2024

Apa itu masa sanggah cpns 2024?

Apabila peserta seleksi merasa ada kesalahan dalam proses penilaian yang mengakibatkan dirinya tidak lolos, mereka berhak mengajukan sanggahan. Sanggahan ini akan ditanggapi oleh panitia seleksi melalui mekanisme yang telah ditetapkan.

Masa sanggah setelah pengumuman hasil seleksi administrasi merupakan periode waktu yang memungkinkan peserta untuk menyampaikan keberatan atas keputusan panitia. Peserta yang merasa dirugikan dapat mengajukan sanggahan dengan menyertakan bukti-bukti yang mendukung argumennya.

Masa sanggah adalah tahapan penting dalam proses seleksi CPNS. Pada tahap ini, peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) diberikan kesempatan untuk mengajukan banding atas keputusan panitia.

Ketentuan Melakukan Masa Sanggah (Antaranews)

Ketentuan Melakukan Masa Sanggah

Dilansir dari laman UMSU, masa sanggah seleksi administrasi CPNS memiliki sejumlah ketentuan yang perlu diperhatikan. Untuk itu, para pelamar yang ingin mengajukan sanggahan harus memahami beberapa hal berikut ini:

  • Sanggahan bukan untuk memperbaiki kesalahan pelamar

Fitur masa sanggah ditujukan untuk mengoreksi kesalahan dalam proses verifikasi dokumen oleh panitia seleksi, dan bukan untuk memperbaiki kesalahan pelamar saat mengisi data pendaftaran.

  • Alasan sanggahan harus jelas dan berdasar

Anda dapat mengIsi kolom alasan sanggah dengan penjelasan yang logis, realistis, dan didukung oleh bukti-bukti yang telah diunggah sebelumnya. Untuk itu, penting untuk menghindari membuat alasan yang tidak berdasar atau mengada-ada.

  • Sanggahan tidak untuk mengubah hasil verifikasi yang sudah benar

Jika pelamar menyadari kesalahan dalam data yang telah diinput, sebaiknya tidak mengajukan sanggahan. Panitia seleksi tidak akan mengubah hasil verifikasi yang sudah sesuai dengan data yang ada.

  • Konsekuensi dari sanggahan yang tidak sesuai

Para pelamar seleksi yang mengikuti prosedur masa sanggah harus siap menanggung konsekuensi jika alasan sanggahan yang diajukan tidak sesuai dengan bukti yang ada atau melanggar ketentuan yang berlaku.

  • Batas waktu pengajuan sanggahan

Anda hanya memiliki waktu tiga hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi untuk mengajukan sanggahan melalui sistem SSCASN. Sanggahan yang diajukan di luar batas waktu tidak akan diproses.

  • Sanggahan harus komprehensif

Jika ada beberapa dokumen yang menjadi alasan ketidaklolosan, pelamar harus mengajukan sanggahan untuk semua dokumen tersebut, bukan hanya sebagian.

  • Setiap pelamar hanya berhak mengajukan sanggahan satu kali

Anda tidak dapat mengajukan sanggahan berulang kali untuk alasan yang sama.

Selain apa itu masa sanggah cpns 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi