Kasus Pelanggaran Hak yang Kamu Wajib Ketahui Beserta Contohnya

| 13 Sep 2024 15:38
Kasus Pelanggaran Hak yang Kamu Wajib Ketahui Beserta Contohnya
Ilustrasi (freepik)

ERA.id - Pelanggaran hak tidak hanya merugikan individu, tetapi juga berdampak pada masyarakat secara luas. Untuk itu, artikel ini akan membahas berbagai kasus pelanggaran hak yang kamu wajib ketahui.

Kasus-kasus pelanggaran hak yang sering terjadi dapat merusak tatanan sosial, menimbulkan konflik, dan menghambat pembangunan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami akar permasalahan dari berbagai kasus pelanggaran hak yang terjadi.

Apa Itu Pelanggaran Hak?

Dilansir dari laman Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), setiap individu dan kelompok dalam masyarakat memiliki klaim sah atas sejumlah kebebasan dan perlindungan.

Hak-hak manusia merupakan dasar bagi kehidupan yang bermartabat dan berkeadilan, serta menjadi landasan bagi tatanan sosial yang harmonis.

Hak asasi manusia, misalnya, mencakup hak untuk hidup, kebebasan berekspresi, mendapatkan pendidikan, dan beragama. Selain itu, terdapat pula hak-hak sipil dan politik yang menjamin partisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas 6 Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia yang Kurang Terekspos Publik, Apa Saja?

Kasus Pelanggaran Hak yang Kamu Wajib Ketahui

  1. Privasi

Hati-hati jika Anda dengan sengaja atau tidak sengaja membocorkan informasi pribadi seseorang tanpa persetujuan mereka, karena merupakan pelanggaran hukum. Contoh dari pelanggaran privasi menyebarkan seperti foto atau data kontak.

Tindakan ini bukan hanya tindakan yang tidak etis, tetapi juga dapat berdampak buruk pada kehidupan pribadi dan reputasi korban. Tindakan ini jelas-jelas melanggar hukum yang melindungi hak privasi individu.

Penyebaran data diri tanpa persetujuan termasuk pelanggaran hukum (freepik)
  1. Penyalahgunaan Wewenang

Korupsi merupakan bentuk penyalahgunaan kekuasaan yang paling umum. Pejabat yang terlibat seringkali menyalurkan dana publik untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu, mengabaikan kebutuhan masyarakat banyak.

Tindakan korupsi, dengan demikian, tidak hanya merugikan negara, tetapi juga menghambat pembangunan dan memperlebar kesenjangan sosial

  1. Berbagai Bentuk Kekerasan

Undang-undang di negara Indonesia dengan tegas melarang segala bentuk kekerasan fisik terhadap individu lain. Hal ini dikarenakan, tindakan kekerasan tidak hanya merugikan korban secara fisik dan psikologis, tetapi juga merupakan pelanggaran hukum yang dapat dijerat sanksi pidana.

  1. Rasis

Ada kejadian seorang pemilik restoran yang menolak melayani pelanggan karena perbedaan suku baru-baru ini menjadi sorotan publik. Tindakan ini jelas merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia dan menunjukkan adanya masalah diskriminasi yang masih terjadi di masyarakat kita.

Dengan demikian, suatu tindakan menolak melayani pelanggan tertentu karena faktor ras atau suku merupakan bentuk penyalahgunaan kekuasaan dan pelanggaran terhadap hak atas kesetaraan.

  1. Pelanggaran Lalu Lintas

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan seorang pengemudi yang mengabaikan rambu lalu lintas menjadi bukti nyata bahwa pelanggaran aturan berlalu lintas dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang serius.

Lantaran adanya korban yang mengalami cedera serius menjadi saksi atas kelalaian pengemudi, membuat kecelakaan di jalanan menjadi salah satu pelanggaran hak manusia.

  1. Perusakan Alam

Pembuangan limbah berbahaya oleh sebuah pabrik ke sungai yang mengakibatkan polusi air yang parah, ternyata juga termasuk pelanggaran hak. Mengapa demikian?

Pencemaran lingkungan sendiri dapat berakibat pada rusaknya ekosistem sungai yang dapat mengancam kesehatan masyarakat di sekitar pabrik. Selain itu, tindakan tersebut jelas mengabaikan kewajiban perusahaan untuk melindungi lingkungan

Selain kasus pelanggaran hak yang kamu wajib ketahui, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi