PAN Pastikan Jumlah Kementerian Era Prabowo-Gibran Bertambah

| 11 Sep 2024 14:50
PAN Pastikan Jumlah Kementerian Era Prabowo-Gibran Bertambah
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkilfi Hasan alias Zulhas memastikan, jumlah kementerian di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan bertambah. Adapun di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, kementerian yang ada berjumlah 34.

"Jumlah pastinya berapa belum, tapi penambahan iya," kata Zulhas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Disinggung soal kabar PAN bakal mendapat jatah lima kursi menteri, dia tak menjawab tegas. Menteri Perdagangan itu mengatakan, hal tersebut merupkan hak prerogatif Prabowo selaku presiden terpilih.

"Wah itu terserah presiden lah, itu hak prerogatif bapak presiden," kata Zulhas.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengaku mendengar obrolan warung kopi soal jumlah kementerian di era kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, jumlah kemeterian ke depan bakal bertamnah menjadi 44.

Hal itu disampaikan dalam sambutannya saat membuka Turnamen Bulu Tangkis Piala Pimpinan DPR dan MPR di GOR DPR, Senanyan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

"Nanti, dari 34 (kementerian) menjadi 44 (kementerian). Ya mudah-mudahan, kawan-kawan kita yang hari ini di DPR berkesempatan untuk menjadi eksekutif," kata Bamsoet.

Dia lantas menggoda Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi. Dari kabar yang didengarnya, partai berlambang matahari itu bakal mendapat jatah lima kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Salah satu kader PAN yang santer diproyeksikan sebagai menteri adalah Viva Yoga.

"Pak Viva Yoga, ini juga santer disebut-sebut calon menteri. Karena pembicaraan banyak di warung kopi, PAN dapat kursi lima menteri. Jadi salah satunya adalah mas Viva Yoga," kata Bamsoet. 

Rekomendasi