Soal Wacana Penambahan Komisi, Ketua DPR: Sedang Dimatangkan

| 24 Sep 2024 17:20
Soal Wacana Penambahan Komisi, Ketua DPR: Sedang Dimatangkan
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, pihaknya sedang mematangkan rencana menambah komisi di periode mendatang. Hal tersebut seiring dengan rencana penambahan kementerian dan lembaga di era pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ini lagi dimatangkan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/9/2024).

Menurutnya, apabila jumlah kementerian dan lembaga bertambah, maka DPR perlu menyesuaikan. Tujuannya untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah dan legislatif.

"Kan dengan adanya rencana penambahan kementerian, sepertinya ada kemungkinan harus ada penambahan komisi untuk bisa kemudian memperkuat kemitraan antara pemerintah dengan legislatif," kata Puan.

"Jadi akan ada kemungkinan juga penambahan komisi jika memang ada penambahan kementerian," imbuhnya.

Disinggung soal perubahan tata tertib jika menambah jumlah komisi, Puan memastikan pihaknya akan melakukan perubahan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

"Jadi itu kita sedang godok dan sesuai mekanismenya kan kita laksanakan ya sesuai dengan mekanismenya," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus mengatakan, jika jumlah kementerian dan lembaga bertambah, maka beban kerja di DPR pun bertambah. Apabila tidak ada penambahan jumlah komisi, dikhawatirkan ada sejumlah komisi yang bebannya terlalu banyak.

Dia lantas mencontohkan Komisi IV DPR yang memiliki banyak mitra kerja. Jumlahnya bisa semakin bertambah apabila ada penambahan kementerian dan lembaga di pemerintahan yang baru.

"Kenapa? Karena nanti ada satu, katakan komisi yang beban tugasnya terlalu berat. Contoh yang sekarang beban tugas yang berat itu adalah di Komisi IV. Cukup banyak. Belum lagi ada penambahan badan lembaga," ujarnya.

Rekomendasi