Jumlah Kementerian Prabowo Masih Sumulasi, Finalisasi H-7 Pelantikan

| 12 Sep 2024 18:26
Jumlah Kementerian Prabowo Masih Sumulasi, Finalisasi H-7 Pelantikan
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco mengatakan, jumlah kementerian di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih sebatas simulasi. Belum ada finalisasi terkait hal tersebut.

"Jadi begini soal berapa jumlah sampai dengan skrg masih kita simulasikan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Karena itu, dia tak bisa membocorkan soal nomenklatur kementerian di kabinet Prabowo-Gibran. Karena masih disimulasikan, tentu akan terjadi perubahan-perubahan dalam prosesnya.

Menurutnya, nomenklatur kementerian kabinet Prabowo-Gibran baru difinalisasi paling lambat tujuh hari sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

"Mungkin nomenklatur maupun orang itu baru akan final H-7 atau H-5, mungkin begitu," kata Dasco.

Terkait efektivitas gemuknya kabinet Prabowo-Gibran dengan menambah jumlah kementerian, menurutnya hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja pemerintah.

Dengan begitu, diharapkan janji-janji kampanye Prabowo-Gibran pada program-program yang telah disusun dapat terealisasi.

"Bahwa penambahan kementerian itu adalah untuk optimalisasi tugas-tugas kementerian dalam rangka kita itu memenuhi janji kampanye yang kemudian ada di astacita dan program aksi yang kemarin dilakukan pada saat kampanye," ucap wakil ketua DPR itu.

Rekomendasi