Seleksi Calon Menteri, Prabowo Lakukan Fit and Proper Test hingga Tatap Muka

| 11 Oct 2024 15:00
Seleksi Calon Menteri, Prabowo Lakukan Fit and Proper Test hingga Tatap Muka
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad bocorkan soal seleksi calon menteri. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad membocorkan tahapan seleksi calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Seleksi dilakukan langsung oleh Prabowo dan tim khusus.

"Ya yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu kemudian finalisasi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Dia menyebut, calon-calon menteri akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, setelah itu dilanjutkan dengan tatap muka.

"Nanti akan ada semacam fit and proper, walaupun sudah dilakukan oleh tim tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatal muka, untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco.

Proses seleksi calon menteri dilakukan untuk meminimalisir ada menteri yang menyalahgunakan anggaran negara. Dasco mengungkapkan, Prabowo punya komitmen memberantas korupsi, hal itu dimulai dari pemilihan siapa yang akan menjadi pembantunya di pemerintahan nanti.

"Karena ini kan juga kita sama-sama tahu bahwa menteri yang akan membantu Pak Prabowo dalam kabinet itu juga ada dari unsur partai politik," ujarnya.

Diketahui, jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang, Prabowo sibuk menyusun nomenklatur kabinetnya.

Partai-partai politik, terutama yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah mengajukan sejumlah nama untuk ditunjuk sebagai kader.

Kabarnya, Prabowo juga sudah mengundang sejumlah kandidat menterinya ke kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Pengumuman soal kabinet dan menteri-menteri akan disampaikan pada 21 Oktober 2024.

Rekomendasi