Jelang Lengser, Jokowi Minta Ramaikan IKN yang Masih Sepi

| 06 Oct 2024 14:46
Jelang Lengser, Jokowi Minta Ramaikan IKN yang Masih Sepi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Pasar Soponyono Surabaya. (ERA/Puan Ramadhan)

ERA.id - Presiden Jokowi ingin ada keramaian yang bisa membangun ekosistem Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Makanya, dia menggelar Nusantara TNI Fun Run.

"Di Nusantara ini yang namanya keramaian, "crowd" itu harus diciptakan terus, harus diadakan terus, sehingga sekali lagi ekosistem itu menjadi terbangun," kata Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Minggu (6/10/2024).

Jokowi mengatakan bahwa kondisi di IKN saat ini sudah mulai ramai dengan adanya kafe, nantinya akan dihadirkan juga warung makan khas Padang.

Jokowi menegaskan memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN Kalimantan Timur membutuhkan waktu, sehingga tidak ingin terburu-buru dalam menandatangani secara resmi keputusan presiden (keppres) soal pemindahan ibu kota.

"Pindah rumah saja ruwet kayak gitu, ini memindah ibu kota. Jadi jangan kejar-kejar sehingga belum siap kita paksakan, akhirnya enggak baik," kata Presiden Jokowi.

Masuk akal, sebab pemindahan ibu kota mesti ditopang fasilitas seperti rumah sakit, sekolah, sehingga akhirnya ekosistem terbentuk dan sempurna.

"Untuk urusan logistik semuanya sudah ada, baru pelan-pelan, itu pun juga pelan-pelan kita pindahkan. Sehingga semuanya merasa nyaman di sini," kata Presiden.

Adapun sebanyak 2.500 peserta meramaikan Nusantara TNI Fun Run di Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur untuk merayakan hari ulang tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia.

Agenda Nusantara TNI Fun Run menjadi simbol atas kontribusi TNI dalam menjaga keamanan dan stabilitas pembangunan Kota Nusantara, menurut dia, diharapkan dapat menjadi bagian dari perayaan berkelanjutan yang melibatkan elemen bangsa.

Tags : jokowi IKN keppres
Rekomendasi