MPR Undang Anies dan Ganjar ke Pelantikan Prabowo-Gibran

| 09 Oct 2024 14:30
MPR Undang Anies dan Ganjar ke Pelantikan Prabowo-Gibran
Ketua MPR Ahmad Muzani usai rapat persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. (Era.id/Gabriella Thesa).

ERA.id - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan mengundang kandidat-kandidat calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024, ke pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Diketahui, pada Pilpres 2024 laly, selain Prabowo-Gibran, ada dua pasangan calon yang ikut berlaga yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Insyaallah pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh, termasuk akan dihadiri selain presiden dan wakil presiden terpilih, juga akan dihadiri oleh kami akan undang kandidat presiden, kandidat wakil presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 kemarin," kata Ketua MPR Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dia mengatakan, seluruh pimpinan MPR telah menyetujuia mengundang para kandidat di Pilpres 2024. Undangan akan segera dikirimkan.

"Pimpinan MPR baru menyetujui bahwa mereka semuanya akan kita undang dalam acara pelantikan dan kami akan segera menyampaikan undangan kepada beliau-beliau," kata Muzani.

Selain itu, MPR juga mengundang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta presiden dan wakil presiden terdahulu.

Pimpinan partai politik termasuk tokoh-tokoh yang diundang pula.

"Tentu saja Pak Jokowi dan Pak Maruf Amin akan kami undang untuk hadir dalam rencana pelantikan," kata Muzani.

"Kami juga akan mengundang para mantan Presiden, mantan Wakil Presiden, para pimpinan partai politik yang kemarin berkontestasi dalam pemilihan umum," imbuhnya.

Sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara lain juga rencananya akan diundang.

Pihak MPR terus mengkonfirmasi kehadiran perwakilan negara-negara lain dalam pelantikan Prabowo-Gibran.

"Masih dalam konfirmasi terus-terus, nanti pada waktunya akan diumumkan negara mana saja yang akan diumumkan, yang akan hadir dalam pelantikan," kata Muzani.

Dia menambahkan, acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih tetap menggunakan tradisi yang sudah ada, yaitu dimulai dengan pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga pidato dari presiden terlantik.

"Pelantikan akan menggunakan dari tradisi sebelumnya bahwa pembukaan terus kemudian pembacaan surat keputusan KPU, langsung pelantikan, berita acara, kemudian Pidato dari Presiden yang baru saja dilantik, penutup, selesai," ucapnya.

Diketahui, KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Minggu (9/10).

Rekomendasi