Prabowo Ngaku Sudah Lama Lakukan Penjaringan Calon Menteri

| 11 Oct 2024 23:00
Prabowo Ngaku Sudah Lama Lakukan Penjaringan Calon Menteri
Presiden terpilih, Prabowo Subianto usai bertemu dengan Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri. (Istimewa)

ERA.id - Presiden terpilih, Prabowo Subianto melakukan penjaringan calon-calon menteri untuk kabinetnya mendatang. Dia mengaku prosesnya sudah berjalan cukup lama.

"Sebenarnya prosesnya sudah berjalan dengan lama," kata Prabowo dikediamannya Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2024).

Dia mengungkapkan, para ketua umum partai politik juga sudah mengajukan nama-nama kadernya untuk dipertimbangkan sebagai menteri. Menurutnya, nama-nama yang ada cukup menarik.

Namun sebelum memutuskan, dia akan memperhatikan latar belakang hingga rekam jejak calon menteri.

"Pimpinan-pimpinan partai mengajukan nama-nama, kita pelajari riwayat hidup, latar belakang, dan saya harus akui banyak sekali yang sangat bagus," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menambahkan, dirinya juga sudah beberapa kali berdiskusi dengan calon-calon menterinya. Hanya saja tak dilakukan secara terbuka.

"Jadi sebetulnya proses pemantauan itu sudah berjalan lama, kita sudah sering diskusi jadi ada tahap-tahap yang kita tidak di depan media, tapi sudah dilaksanakan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad membocorkan tahapan seleksi calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Seleksi dilakukan langsung oleh Prabowo dan tim khusus.

"Ya yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu kemudian finalisasi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10).

Dia menyebut, calon-calon menteri akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, setelah itu dilanjutkan dengan tatap muka.

"Nanti akan ada semacam fit and proper, walaupun sudah dilakukan oleh tim tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatal muka, untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco.

Rekomendasi