Profil Sugiono, Menlu Pilihan Prabowo yang Bukan dari Kalangan Diplomat

| 21 Oct 2024 09:04
Profil Sugiono, Menlu Pilihan Prabowo yang Bukan dari Kalangan Diplomat
Menlu RI Sugiono. (Instagram/@sugiono_56)

ERA.id - Presiden RI Prabowo Subianto mengumumkan Wakil Ketua Umum Gerindra Bidang Kaderisasi dan Informasi Strategis Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri RI pada Minggu (20/10/2024).

Sugiono sebelumnya merupakan Wakil Ketua Komisi I DPR RI periode 2019-2024 dan tak pernah meniti karier sebagai diplomat. Ia justru berlatar belakang sama dengan Prabowo, yaitu militer.

Menlu RI pertama yang merupakan politikus dan bukan diplomat karier adalah Alwi Shihab di masa Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Selanjutnya, jabatan itu terus diemban diplomat karier hingga Retno Marsudi.

Otomatis Sugiono menjadi menlu RI kedua yang berasal dari politikus. Siapakah pria yang dipercaya Prabowo menangani urusan luar negeri ini?

Pendidikan dan karier militer

Sugiono lahir pada 11 Februari 1979 di Takengon, Aceh. Ia belajar di SDN Takengon pada 1985-1991, lalu melanjutkan ke SMPN 3 Banda Aceh pada 1991-1994.

Lulus SMP, ia merantau ke Magelang dan bersekolah di SMA Taruna Nusantara hingga lulus tahun 1997, seangkatan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dipilih Prabowo sebagai Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Sugiono kemudian mendapat beasiswa dari Prabowo untuk melanjutkan pendidikan di kampus militer Norwich University, Amerika Serikat (AS), dan masuk jurusan Ilmu Komputer.

Lulus kuliah, ia melanjutkan pendidikan militer di TNI Angkatan Darat (AD) pada 2000. Namun, baru empat tahun mengabdi ia memutuskan pensiun dengan pangkat terakhir sebagai Letnan.

Terjun ke politik

Semasa jadi tentara, Sugiono sudah menjadi sekretaris pribadi (sespri) Prabowo, dan ia tetap meneruskan bekerja bersama atasannya itu walaupun sudah keluar dari militer.

Saat Partai Gerindra dibentuk pada 2008, Sugiono segera bergabung menjadi kader. Karier politiknya pun dengan cepat menanjak.

Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Prabowo memilihnya sebagai Direktur Kampanye Prabowo-Sandiaga Uno.

Ia pun terpilih sebagai anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I. Pada pemilu terakhir, ia pun kembali terpilih dan sempat dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 pada Selasa (1/10/2024).

Kedekatan Sugiono dengan Prabowo sejak masih berseragam militer membuatnya dikenal sebagai "anak ideologis" Prabowo.

Sementara itu, harta kekayaannya mencapai Rp 10.994.176.184 berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tanggal penyampaian 27 Mei 2024, terdiri dari empat bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Bogor, Jakarta Selatan, dan Gianyar senilai Rp 8.564.000.000, lalu 4 mobil dan 1 sepeda motor.

Rekomendasi