Wamen Ungkap Target 100 Hari Kemenko Polkam: Urus Masalah Keamanan Siber

| 21 Oct 2024 19:40
Wamen Ungkap Target 100 Hari Kemenko Polkam: Urus Masalah Keamanan Siber
Wamenko Polham Lodewijk F Paulus. (Era.id/Gabriella Thesa). (Antara)

ERA.id - Wakil Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Wamenko Polkam) Lodewijk F. Paulus mengungkap target 100 hari kerja kementeriannya. Salah satunya megurus masalah keamanan siber.

Diketahui, Presiden Prabowo Subianto membentuk kementerian baru, salah satunya Kementerian Koordinator Politik dan Keamanan (Kemenko Polkam) merupakan kementerian baru pecahan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

"Tentunya 100 hari pertama ini kita harus menjaga stabilitas politik, kemudian stabilitas keamanan, termasuk masalah pertahanan tentunya. Nah, apa yang kami rencanakan? Mungkin kita tahu belakangan ini terkait dengan siber," kata Lodewijk di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Dia mengatakan, untuk mengurus isu-isu terkait siber, kementeriannya akan bersinergi dengan kementerian dan lembaga terkait.

"Nah, kalau mereka bersinergi tentunya makin bagus ya. Kita harapkan ketahanan dari siber," kata Lodewijk.

Selain itu, dia juga menyinggung soal keamanan laut yang diurus oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Bakamla.

Politisi Partai Golkar itu mengharapkan perundangan yang ada terkait keamanan laut dapat dimaksimalkan.

"Kita harus mengamankan potensi laut kita dari kemungkinan pencurian-pencurian ikan. Karena satu tahun kita rugi 30-40 triliun. Kalau kita bisa jaga itu tentunya akan memberikan devisa tambahan bagi pemerintah," ucap Lodewijk.

Lebih lanjut, Kemenko Polkam juga akan meningkatan sistem keamanan. Pihaknya tidak hanya bekerja sama dengan TNI saja, tetapi juga bersinergi dengan kementerian lainnya.

"Nah, kira-kira itulah yang menjadi prioritas kita. Termasuk bagaimana kita sinkronisasi, koordinasikan kementerian-kementerian yang di bawah Kementerian Polkam," pungkasnya. 

Rekomendasi