NasDem Resmi Dukung Ponakan Prabowo di Pilkada Tangsel 2020

| 29 Jul 2020 16:15
NasDem Resmi Dukung Ponakan Prabowo di Pilkada Tangsel 2020
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad M Ali (Gabriella Thesa/ era.id)

ERA.id - Partai NasDem resmi menyatakan dukungannya kepada pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. Dukungan tersebut diserahkan secara resmi oleh Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad M Ali kepada Gerindra di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/7/2020). Ali mengaku keputusan itu telah melalui banyak pertimbangan teknis.

"Tentunya pertimbangan-pertimbangan yang sangat teknis itu sudah kami lakukan kajian, kami juga ada melakukan survei, kami memotret apa kehendak masyarakat yang di Tangsel. Dengan dasar itu kami menjatuhkan pilihan kepada pasangan ini," ujar Ali.

Ali juga menegaskan dukungan NasDem ini tidak berharap dibalas untuk memenangkan NasDem di Pemilu 2024. Dia mengatakan, yang terpenting partainya bisa menyerap aspirasi dan menjawab kegelisihan masyarakat Tangsel lewat pasangan Muhamad-Sara. Dia mengatakan, kerja sama politik ini jangan selalu dikaitkan dengan hubungan timbal balik.

"Dukungan itu tidak selalu di-bargaining-kan untuk dibalas, ndak. Kita tidak melakukan itu. Ini semata-mata dukungan itu kami berikan kepada paslon berdasarkan survei dan kehendak masyarakat yang ada di sana," katanya.

Dia mengungkapkan, koalisi NasDem bersama Gerindra bukan pertama kali dalam Pilkada. Di beberapa Pilkada, Ali menyebut, NasDem juga berduet dengan partai besutan Prabowo Subianto itu. Menurutnya, koalisi antara Nasdem dan Gerindra ada kurang lebih di 30 daerah.

"Partai NasDem ini partai terbuka, kita tidak mengkhususkan partai tertentu bisa berkoalisi dan tidak berkoalisi. Yang mempersatukan NasDem dan Gerindra adalah ideologinya, kita sama-sama punya ideologi yang sama," ujar Ali.

Sebelumnya, Partai Gerindra resmi mengusung pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Pilkada Serentak 2020.

Hal tersebut terungkap dari instruksi DPC Partai Gerindra Kota Tangsel yang tersebar di aplikasi pesan singkat. Dalam pesan tersebut, diinstruksikan agar kader menangkan Muhammad dan Rahayu Saraswati sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel pada 9 Desember 2020.

Rekomendasi