Air Minum Galon di Depot Kok Harganya Murah, Ya?

Tim Editor

Mesin air isi ulang depot

ERA.id - Air galon merk lain biasanya mahal, sementara air minum isi ulang di depot, murah. Apa sih penyebabnya? Kalau dibilang bahaya, di Makassar, ada air galon isi ulang dihargai Rp3 ribu. Rasanya juga enak dan tidak bikin eneg di mulut. Tapi, amankah?

Ternyata, tidak sesederhana itu. Air galon isi ulang dari depot itu murah, karena teknologinya jauh di bawah teknologi industri air dalam kemasan. Modelnya saja standar, tak seperti pabrik besar dengan keuntungan yang gila-gilaan. Depot air galon isi ulang cuma butuh ruangan kecil.

Kedua adalah sertifikasi dan izin. Itu modal utama depot. Kalau perusahaan air minum yang sudah punya nama, harus memenuhi syarat yakni punya SNI, GMP, HACCP, ISO, Halal, dan lain sebagainya. Semuanya syarat itu tidak murah, karena harus punya desain pabrik yang sesuai ketentuan minimal, tak seperti depot air galon isi ulang. Hal ini meliputi: ukuran, adanya ventilasi, mungkin pengatur suhu udara, dll.

Selain itu, pabrik juga wajib memiliki orang yang bekerja untuk memantau dan mencatat kondisi produksi tiap saat dan tiap waktu. Mereka bakal mencatat, ada atau tidaknya kontaminasi pada air mereka, apakah alat sterilisasi berjalan dengan baik, dan lain sebagainya. Dengan kenyataan itu, bukan berarti Anda harus berbondong-bondong membeli air ke depot galon isi ulang karena menyamaratakan kualitasnya dengan air galon yang dijual seharga Rp20 ribu.

Setidaknya, ada satu hal yang wajib diketahui, uji klinis di depot isi ulang kecil belum bisa terlalu dipercaya. Kalau dekat dengan mata air pegunungan sih, kemungkinan besar boleh saja langsung diminum. Tapi kalau sudah jauh, apa Anda tidak mau bertanya ia mengambil air dari mana? Apa zat berbahaya yang terkandung dalam airnya, kalau sumber air milik depotnya tidak jelas dan Anda mau langsung meminumnya?

Sebenarnya ini tergantung dari pemilik depot air isi ulangnya, mereka rajin menjaga higienis dan sanitasi produknya atau tidak? Intinya, air depot sebaiknya dimasak dulu sebelum diminum, sekadar untuk jaga-jaga buat kesehatan Anda.

Tag: air tanah

Bagikan :


REKOMENDASI