Kita Salah, Galon Itu Bukan Wadah Air, Ini Arti Sebenarnya

| 18 Feb 2021 14:36
Kita Salah, Galon Itu Bukan Wadah Air, Ini Arti Sebenarnya
Ilustrasi galon

ERA.id - Arti galon bukanlah wadah tempat air minum yang biasa kita beli di toko kelontongan. Arti galon sebenarnya secara universal diartikan sebagai ukuran air.

Arti galon jika di Anerika Serikat adalah adalah satuan ukuran. Orang-orang Amerika Serikat menggunakan galon atau gallon (AS) sebagai satuan ukuran untuk benda cair (selain fl.oz).

Wadah yang kerap kita sebut 'galon Aqua' itu, di Amerika, dinamai 'five-gallons bottle'. Artinya, kapasitas isinya lima galon air. Lima galon, kalau dikonversikan ke dalam liter, hasilnya adalah 19 liter air. Jadi per galon, isinya 4 liter.

Jika ada yang bertanya kok cuma 19 liter saja, bukan 20 liter dalam wadah yang biasanya? Itu semua karena mengikut dari standar yang Amerika Serikat pakai. Dispenser dan lain-lain bahkan sudah dibuat dengan pas untuk mendukung ukuran 19 liter tersebut. Jika lebih, ya, hampir pasti tumpah.

Ini yang paling unik. Galon bukan cuma soal wadah air minum. Di Medan, orang-orang tidak hanya merujuk ke galon air, melainkan SPBU. Jadi jika ada orang Medan, atau ketika anda berada di Medan dan mendengar orang berkata, "aku ke galon dulu," itu artinya dia mau ke SPBU.

Rekomendasi