Sah, PDIP-Gerindra Usung Muhamad-Sara di Pilkada Tangsel 2020

| 11 Aug 2020 11:15
Sah, PDIP-Gerindra Usung Muhamad-Sara di Pilkada Tangsel 2020
Prabowo, Rahayu, Muhamad, dan Hasto (Dok. Instagram Rahayusaraswati)

ERA.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi mengumumkan rekomendasi Pilkada Tangerang Selatan 2020 untuk Muhamad dan keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Saraswati Djojohadikusumo. 

"Ini untuk Banten, Tangerang Selatan, nama calon wali kotanya Muhamad dengan wakilnya Saraswati Djojohadikusumo," ujar Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani saat membacakan rekomendasi secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Dengan demikian untuk Pilkada Tangsel 2020, PDIP resmi berkoalisi dengan Gerindra. Pasangan Muhammad-Sara bakal bertarung dengan putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nurazizah dan Ruhama Ben yang diusung oleh Partai Demokrat dan PKS. 

Kemudian ada juga pasangan petahana yaitu Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dan anak Bupati Banten Pilar Saga yang diusung oleh Golkar dan PPP.

Adapun total jumlah kursi di DPRD Kota Tangsel yaitu 50 kursi. Sebanyak 10 kursi dimiliki Golkar. Disusul PDIP, Gerindra, PKS masing-masing 8 kursi. Kemudian Demokrat 5 kursi, PKB dan PSI 4 kursi, PAN 1 kursi, dan Hanura 1 kursi.

Untuk mengusung pasangan calon kepala daerah, maka diperlukan 10 kursi di DPRD Kota Tangsel. Dengan demikian, Golkar merupakan satu-satunya partai yang bisa langsung mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. 

Rekomendasi