Ketua DPR: Pembangunan Tanpa Arah Ibarat Kapal Tanpa Kompas

| 14 Aug 2020 12:45
Ketua DPR: Pembangunan Tanpa Arah Ibarat Kapal Tanpa Kompas
Ketua DPR RI Puan Maharani (Dok. DPR RI)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap momentum HUT RI ke 75 tahun dapat membawa politik pembangunan Indonesia dalam mewujudkan kemajuan di segala bidang. Hal tersebut disampaikan Puan dalam pidatonya saat Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Puan mengatakan, pembangunan yang dilakukan pemerintah harus memiliki arah politik yang jelas. "Pembangunan tanpa arah politik yang jelas, ibarat kapal tanpa kompas," ujarnya.

Politisi PDIP ini menambahkan, pembangunan tanpa dipimpin oleh visi misi politik yang jelas tidak akan bisa mewujudkan pembangunan itu sendiri. Ibaratnya, kata Puan, seperi kapal tanpa nahkoda yang akan hancur karena membentur karang, atau tenggelam karena diterjang badai.

"Ini harus dijadikan sebuah tekad kita semua untuk dapat mengarahkan politik pembangunan nasional kita untuk dapat segera mewujudkan Indonesia maju di segala bidang," ujarnya.

Di sisi lain, Puan melihat berbagai kekurangan yang masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan semua pihak saat ini. Salah satunya adalah meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain itu, menurutnya Indonesia masih perlu memperkuat sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi. Dia juga menegaskan Indonesia masih perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan perlindungan sosial.

"Kita masih perlu memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi dan kita juga membutuhkan regulasi yang dapat menyelaraskan otoritas kebijakan fiskal dan otoritas kebijakan moneter dalam menghadapi krisis ekonomi," kata Puan.

Rekomendasi