PT. PURA BARUTAMA Dapat Order Cetak Uang Baru, Faktanya

| 18 Aug 2020 21:15
PT. PURA BARUTAMA Dapat Order Cetak Uang Baru, Faktanya
Akun Facebook @DheDhewor membagikan tangkapan layar dengan narasi PT Pura Barutama mendapatkan orderan untuk mencetak uang baru (Dok. Turnbackhoax.id))

ERA.id - Akun Facebook @DheDhewor membagikan tangkapan layar dengan narasi PT Pura Barutama mendapatkan orderan untuk mencetak uang baru. Disebutkan juga perusahaan ini milik pengusaha China Jacobus Busono.

Berikut narasi lengkapnya: 

"Nama PT.PURA BARUTAMA lagi hangat diperbincangan.

Inilah perusahaan yg mendapat orderan mencetak uang baru.

Bertempat di Kudus, perusahaan milik pengusaha China bernama Jacobus Busono.

Yang sudah punya uang baru coba cek Hologramnya? Apakah tertulis PT.PURA?

Ngomong ngomong kemana PERURI, apakah PERURI sudah kehilangan fungsinya sebagai pencetak uang negara?!"

Dok. Turnbackoax.id

Setelah ditelusuri, pada laman puragroup.com dituliskan perusahaan tersebut merupakan kumpulan perusahaan yang terdiri 25 unit produksi. PT. Pura bergerak di bidang printing dan packaging, pembuatan kertas produksi, kertas berpengaman, kertas ijazah, hingga kertas uang.

Selain itu, perusahaan ini juga membuat segala jenis box, hologram, smart card hingga pembuatan dan rekayasa mesin. Perusahaan ini hanya menyediakan berbagai macam bahan baku untuk pembuatan kertas uang, bukan sebagai pencetak uang. PT. Pura juga memasok kebutuhan kertas uang seperti India, Vietnam, Nepal, dan Honduras. 

Lebih lanjut, mengutip dari laman turnbackhoax.id, Bank Indonesia resmi mengeluarkan uang khusus bertema 75 Tahun Kemenangan RI. Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) yang mencetak uang tersebut. 

Dok. Turnbachoax.id

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 06 tahun 2019. PERURI memang memiliki tugas utama untuk mencetak uang Republik Indonesia sesuai dengan pesanan Bank Indonesia. 

Lalu pada Pasal 14 ayat (1) dan (2) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang (UU MU) juga diatur Bank Indonesia yang melakukan pencetakan rupiah. Berdasarkan penelusuran di atas, unggahan Facebook tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Sumber: https://turnbackhoax.id/2020/08/18/salah-pt-pura-barutama-perusahaan-yg-mendapat-orderan-mencetak-uang-baru/

Rekomendasi