Raja Bahrain Dikawal Robot Bersenjata di Dubai, Cek Faktanya

Tim Editor

Akun Facebook Yatie Cassad membagikan video dengan klaim narasi Raja Bahrain dikawal robot (Dok. Turnbackhoax.id)

ERA.id - Akun Facebook Yatie Cassad membagikan video dengan klaim narasi Raja Bahrain tiba pada sebuah acara di Dubai dengan pengawal robotnya. Robot tersebut dilengkapi kamera 360 derajat yang dilengkapi dengan pistol.

Berikut narasi unggahan tersebut:

"Raja Bahrain tiba di Dubai dengan pengawal robotnya yang dilengkapi dengan kamera untuk melacak 360 derajat dan dilengkapi pistol. Teknologi bergerak sangat cepat dari sebelumnya dalam sejarah".

Dok. Turnbackhoax.id

Setelah ditelusuri, mengutip laman turnbackhoax.id, orang tersebut bukan raja. Robot yang mengikuti di belakang juga bukan robot pengawal. Tapi itu hanya robot hiburan bernama Titan yang menyapa para pengunjug di pameran pertahanan Uni Emirat Arab di Abu Dhabi pada 2019.

Video yang sama pernah diunggah sebuah akun Youtube pada 24 Februari 2019. Video tersebut berjudul "Robot Titan setinggi 8 kaki menyapa para pengunjung di pameran pertahanan UEA di Abu Dhabi", setelah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. 

Tita merupakan kostum robot yang sebagian dijalan dengan bantuan mekanis. Robot terebut dikembangka Cyberstein Robots yang berbasis di Inggris.

Dok. Turnbackhoax.id

Adapun pameran dan Konferesi Pertahanan Internasional ini merupakan acara perdagangan pertahanan internasional di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Acara ini digelar dua tahun sekali di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi (ADNEC).

Berdasarkan penelusuran di atas, video Raja Bahrain dikawal robot yang dilengkapi kamera dan pistol merupakan klaim yang salah.

 

Sumber: https://turnbackhoax.id/2020/08/21/salah-video-raja-bahrain-tiba-di-dubai-dengan-pengawal-robotnya/

Tag: robot teknologi Sains dan Teknologi cek fakta

Bagikan: