Amien Rais Duga Pelaku Kebakaran Gedung Kejagung 'Orang Dalam'

| 26 Aug 2020 16:08
Amien Rais Duga Pelaku Kebakaran Gedung Kejagung 'Orang Dalam'
Amien Rais (Dok. Youtube Amien Rais Official)

ERA.id - Politisi senior PAN, Amien Rais menduga pelaku yang mengakibatkan kebakaran gedung utama kejaksaan agung merupakan 'orang dalam'. Ia membandingkan dengan kebakaran gedung Bank Indonesia pada tahun 2002.

"Siapa yang dulu membakar gedung Bank Indonesia yang menyimpan berkas-berkas skandal BLBI? Tentu itu orang dalam," kata Amien dalam akun instagramnya @Amienraisofficial, Rabu (26/8/2020).

Ia melanjutkan yang menyuruh orang dalam tersebut dugaannya para 'penggasak' uang ratusan triliun dari kasus tersebut. Ia menyebutnya sebagai mafia, taipan, dan cukong (MTC). Kasus BLBI pun seolah selesai, 20 tahun tak diangkat lagi dan dihentikan.

"Saya juga khawatir yang membakar gedung kejagung, ini simbol keadilan, itu tentu orang dalam, atas perintah dari MTC," ujar Amien.

Amien menghargai juru bicara kejaksaan agung yang meminta agar jangan berspekulasi soal kebakaran ini. Muncul juga kekhawatiran berkas Djoko Tjandra juga hilang meski sudah ada jaminan dari Menko Polhukam, Mahfud MD.

"Tapi dalam demokrasi kita bisa ingatkan, ini bukan spekulasi, tapi kekhawatiran, jangan-jangan nanti nggak akan terbuka lagi, sehingga nanti berkas Djoko Tjandra mungkin juga lantas hilang," kata Amien. 

Sebelumnya, Gedung Utama Kejagung dilalap si jago merah pada Sabtu (22/8) sekitar pukul 19.00 WIB. Puluhan unit mobil pemadam kebakaran dan ratusan petugas damkar gabungan berupaya memadamkan api hingga Minggu pagi.

Rekomendasi