Dibanding Zulkifli, Kayaknya Amien Rais Lebih Dipercaya

Tim Editor

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. (Diah/era.id)

Jakarta, era.id – PAN masih belum menentukan sikapnya untuk Pemilu 2019. Internal partai berlambang matahari ini terbelah menjadi dua kubu.

Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais lebih memilih tidak mendukung Joko Widodo pada Pemilu 2019. Sedangkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyiratkan merapat ke Jokowi karena beberapa kali mengaku menjalin komunikasi terkait Pemilu 2019.

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin meyakini, suara Amien dalam hal ini lebih didengar internal PAN. Sebab, Ujang menilai, Amien Rais adalah tokoh sentral di PAN.

"Tokoh sentral PAN ya Amien Rais. Jadi kemungkinan besar kader PAN akan ikut perintah Amien Rais," kata Ujang dihubungi era.id, Jakarta, Sabtu (28/4/2018).

Namun, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu menambahkan, perbedaan tersebut adalah hal yang biasa. Apalagi, PAN belum memutuskan dukungan untuk Pemilu 2019.

"Tapi, selama masih belum diputuskan secara resmi akan mendukung siapa, maka perbedaan pendapat atau dukungan di partai itu biasa," kata Ujang.

Baca Juga : Amien Rais dan Zulkifli Dinilai Sedang Mainkan Drama PAN

Sebelumnya, Amien, sebagai pendiri PAN, mengklaim dirinya lah yang paling tahu keinginan PAN. Dia pun yakin, seluruh kader PAN tidak ingin mendukung Jokowi di Pemilu 2019.

"Saya lebih tahu dari Pak Zul. Maaf. Karena saya mendirikan (PAN). Saya keliling ke mana-mana. Umat PAN di bawah emoh Jokowi, titik," kata Amien di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Baca Juga : PAN Tak Terganggu dengan Amien Rais

Zulkifli beberapa kali bertemu dengan Jokowi untuk membahas Pemilu 2019. Pertemuan itu disebut-sebut dalam rangka mengajukan nama Zulkifli sebagai cawapres Jokowi.

Amien mengatakan, langkah Zulkifli hanya sebuah manuver. Menurut Amien, manuver yang dilakukan Zulkifli, mulai dari mendatangi Istana bertemu Jokowi hingga melakukan pertemuan dengan partai politik koalisi pemerintah, hanya sandiwara.

"Pak Zul bermanuver. Itu hanya sandiwara ya," kata Amien.

Tag: amien rais flyover pancoran

Bagikan: