Tjahjo: Banyak ASN Wanita Punya Suami Lebih dari Satu

Tim Editor

Tjahjo Kumolo (Antara)

ERA.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan fenomena Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita yang memiliki suami lebih dari satu atau poliandri.

Hal tersebut merupakan pelanggaran bagi para ASN.

"Saya juga banyak memutuskan perkara pernikahan, tetapi ASN wanita yang punya suami lebih dari satu. Ini fenomena," ujarnya saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Jenderal Sudirman, Solo, Jumat (28/8/2020).

Tjahjo lantas menceritakan banyaknya pelarangan berupa poligami bagi ASN pria dengan berbagai sanksi.

"Zaman Pak Harto dulu ASN enggak boleh punya istri dua, syaratnya berat. Sekarang pun ASN mau nikah lagi syaratnya harus ada izin istri tertulis dan izin pimpinan," sambungnya.

Sementara itu, pemerintah berkomitmen melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sudah ada di beberapa daerah di Indonesia.

"Ini menjadi skala prioritas program kerja pak Jokowi, karena secara prinsip kuncinya (pelayanan) adalah ada di pemerintah daerah," lanjutnya.

Ia mengatakan MPP Jenderal Sudirman Surakarta merupakan MPP keempat di Jawa Tengah yang sudah beroperasi. Sebelumnya ada di Banyumas, Batang, dan Kebumen.

"Saat ini yang mempersiapkan cukup banyak, ada sekitar 18. Mudah-mudahan layanan terpadu di Solo ini juga bisa menginspirasi kabupaten lain di Solo raya," katanya seperti dikutip dari Antara.

Tag: tjahjo kumolo

Bagikan: