Luhut Bilang Jokowi Hafal Alquran 40 Juz, Faktanya

Tim Editor

Luhut Panjaitan (Dok. Kemenko Marves)

ERA.id - Kabar pembelaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan untuk Presiden RI Joko Widodo, bahwa Jokowi menghafal Alquran 40 juz, banyak beredar di Facebook.

Faktanya, unggahan itu tidak benar dan hoaks. Kabar yang tersebar itu memakai foto dari artikel CNBC yang berjudul “Luhut: Jokowi Pilih Ma’ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI” yang tayang pada 14 agustus 2018. Sedangkan Al-Qur’an sendiri terdiri atas 30 juz bukan 40 Juz.

Narasi di Facebook itu isinya kurang lebih seperti ini: “Non muslim & Pengkhianat, tp so’ tau tentang Islam, mana ada Alqur’an 40 Juz…KOPLAK." Gambar hoaks itu disebar oleh akun facebook bernama Angga Evron.

Dari penelusuran tim Turn Back Hoax, kata kunci “Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz”, tidak ditemukan adanya media arus utama yang menampilkan artikel dengan judul tersebut.

Kemudian melalui metode pencarian gambar, ditemukan gambar identik pada artikel cnbcindonesia.com dengan judul “Luhut: Jokowi Pilih Ma’ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI” yang tayang pada 14 agustus 2018.

Sekadar diketahui, Alquran terbagi menjadi 30 bagian yang dikenal dengan nama juz. Pembagian juz memudahkan mereka yang ingin menuntaskan pembacaan Alquran dalam kurun waktu 30 hari. Terdapat pembagian lain yang disebut manzil, yang membagi Alquran menjadi 7 bagian.

Tag: cek fakta

Bagikan: