Kritik Puan, Gerindra: Jangan karena PDIP Kalah, lalu Sumbar Tak Pancasilais

Tim Editor

Ketua DPR Puan Maharani (Foto: dokumentasi DPR)

ERA.id - Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang berharap Sumatra Barat (Sumbar) menjadi provinsi yang mendukung Pancasila rupanya berbuntut panjang. Sebelumnya, Puan menyebut, "Semoga Sumbar dukung negara Pancasila."

Andre Rosiade, Ketua DPP Partai Gerindra Sumbar menegaskan bahwa Sumbar adalah provinsi yang sangat mendukung negara Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Ia juga bilang banyak tokoh pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia yang lahir dari tanah Minang.

"Ini menegaskan bahwa Sumbar itu provinsi yang pancasilais. Orang Minang sangat pancasilais," kata Andre dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/9).

Meski Anggota Komisi VI DPR RI ini meyakini pernyataan Puan tersebut tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan rakyat Sumbar. Namun, Andre menyarakan agar Puan menyampaikan klarifikasi atas pernyataannya yang telah menimbulkan kontroversi itu.  

Jangan sampai ada anggapan ucapan itu keluar karena PDI Perjuangan kalah di Sumbar. Untuk diketahui, partai berlambang banteng itu menang dinomor buncit dan hanya mendapatkan 3 kursi di DPRD Sumbar.

"Saran saya supaya tak berpolemik berkepanjangan Mbak Puan ini klarifikasi. Jangan sampai, mohon maaf, Mbak Puan punya persepsi karena PDIP tak menang di Sumbar seakan akan kami tak Pancasilais gitu. Kami sangat Pancasilais," kata Andre.

Terakhir, Andre mengingatkan Puan bahwa ada ada tim 9 yang membantu merumuskan kalimat kalimat Pancasila dari panitia itu 3 orang berasal dari Minang. Bung Hatta, Bung Yamin dan Haji Agus Salim. Tokoh-tokoh tersebut diketahui banyak bekerja sama dengan kakek Puan yaitu Soekarno.

"Karena itu, bagi kami pancasila UUD 1945 dan juga NKRI sudah final," pungkasnya.

Tag: pdip puan maharani gerindra pancasila

Bagikan: