Prabowo 'Disentil' Kadernya Soal Isu Pelanggaran HAM

| 16 Sep 2020 18:27
Prabowo 'Disentil' Kadernya Soal Isu Pelanggaran HAM
Prabowo (Dok. Instagram Prabowo)

ERA.id - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto telah merampungkan susunan pengurus DPP Gerindra yang baru. Rahayu Saraswati ditunjuk menjadi salah satu Wakil Ketua Umum DPP Gerindra. Sementara, Arief Poyuono menjadi salah satu nama yang dikabarkan terdepak dari jabatan wakil ketua umum.

Arief kini 'menyolek' Prabowo dengan pencalonan sebagai presiden 2024. Pencalonan tersebut malah dikaitkan dengan persoalan klasik yang ditudingkan pada Prabowo tentang kerusuhan Mei 1998.

"Mumpung masih ada waktu panjang. Partai harus mengupayakan kekuatan hukum tetap yang menyatakan Prabowo Subianto bersih dan tidak terlibat dalam kerusuhan Mei 1998 yang berbau SARA dan tidak terlibat dalam penculikan aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang sampai saat ini masih hilang," ujar Arief melalui pesan singkat pada Era.id, Rabu (16/9/2020).

Hal ini penting karena menurut Arief Poyuono, kekalahan Prabowo Subianto pada Pilpres 2014 dan 2019 disebabkan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu yang kerap dikaitkan dengan sosok Ketua Umum Partai Gerindra itu. Pada pilpres dan pemilu tahun 2014 dan 2019, isu terkait kasus penculikan dan pembunuhan aktivis 1998 berhembus kencang. Lalu juga kerusuhan Mei, yang disebut-sebut didalangi Prabowo Subianto.

"Ada juga fitnah bahwa dia adalah pelaku utama kerusuhan Mei. Dia dituding melakukan kejahatan-kejahatan yang sampai saat ini masih simpang siur, apakah dia dalang dan pelaku penculikan dan pembunuhan para aktivis, kan belum ada pengadilannya. Setiap pemilu, setiap pilpres, selalu dibuka kasus penculikan, kasus kerusuhan Mei, bahwa diduga dalangnya Prabowo," katanya lagi.

Menurut Arief Poyuono, satu-satunya jalan bagi Prabowo Subianto untuk memenangkan pilpres 2024 yakni membebaskan dirinya dari jeratan kasus HAM masa lalu ini. Harus ada keputusan hukum yang tetap, yang menyatakan apakah Prabowo terlibat atau tidak di dalam pembunuhan dan penculikan aktivis, dan juga kerusuhan Mei.

"Karena itu saya sangat berharap bahwa dari trah keluarga Prabowo itu lahir pemimpin seperti Saraswati keponakannya yang nantinya akan memimpin Partai Gerindra ke depan dan menjadi partai yang kuat, sangat maju," katanya.

Tentang dirinya, Arief Poyuono mengaku sampai saat ini belum mengetahui apakah dirinya kembali menjabat atau tidak dalam kepengurusan Partai Gerindra periode 2020-2025. Sejauh ini draft kepengurusan baru sesuai hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra telah rampung disusun. Namun, nama-nama kepengurusan baru Partai Gerindra sampai saat ini belum diumumkan.

"Saya belum tahu sampai hari ini. Belum ada surat pemberhentian atau penugasan lagi. Kalaupun tidak diberikan jabatan lagi, saya kan sudah lama juga di situ, dari 2008 sampai sekarang, artinya harus ganti baru," kata Arief Poyuono.

Namun yang pasti, menurutnya dirinya akan tetap memimpin gerakan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu yang saat ini menjadi tulang punggung negara dalam memutar roda perekonomian.

"Selama ini gerakan buruh hanya dijadikan dagangan politik oleh para elit buruh untuk mendapat keuntungan ekonomi atau jabatan di dalam pemerintahan. Tapi nasib buruh tidak berubah malah semakin buruk. Apalagi dimasa wabah Corona ini," tegasnya. 

Rekomendasi