PKS Kampanyekan 2 Anak Cukup 1 Istri Tidak Cukup, Faktanya

Tim Editor

Ilustrasi kampanye PKS (Twitter)

ERA.id - Ada akun Facebook bernama Wawan Suwandi mengunggah foto sejumlah wanita memegang bendera Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan tulisan “2 Anak Cukup 1 Istri Tidak Cukup.”

Berikut kutipan narasi yang menyertainya: “Bagus juga nih moto nya.” Unggahan itu lantas viral dan banyak ditanggapi warganet.

Faktanya, PKS tidak pernah melakukan kampanye seperti itu. Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, diketahui bahwa foto tersebut suntingan dari kegiatan kampanye PKS pada Desember 2018.

Hal itu terlihat dari cuplikan foto yang ada dalam video di kanal Youtube Zaky Video berjudul “Flashmob & Freezemob PKS 8 Panjaru Kota Depok #AYOLEBIHBAIK #2019PILIHPKS” pada tanggal 26 Desember 2018.

Untuk video kegiatannya diunggah kemudian di kanal Youtube PKSTV pada 2019 dengan judul “Emak Emak Heboh Ikut Flash Mob PKS Rangkapan Jaya Baru.”

Pada foto aslinya tidak terdapat tulisan “2 Anak Cukup 1 Istri Tidak Cukup” dan hanya terdapat angka nomor peserta PKS di Pemilu 2019, yakni angka delapan (8). Intinya, foto kampanye 2 istri tidak cukup adalah hoax dan palsu.

Tag: cek fakta

Bagikan: