Kolase Ma'ruf Amien dan Kakek Sugiono, Wamenag Ingatkan Etika Bermedsos

| 01 Oct 2020 13:25
Kolase Ma'ruf Amien dan Kakek Sugiono, Wamenag Ingatkan Etika Bermedsos
Ma'ruf Amin (Dok. Antara)

ERA.id - Foto kolase Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan bintang porno Jepang Shigeo Tokuda yang juga dikenal sebagai Kakek Sugiono beredar di media sosial. Wakil Menteri Agama (wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi menyesalkan kejadian tersebut.

Wamenag mengingatkan pentingnya etika dalam bersosial media. Ia menilai tindakan tersebut menunjukkan pemanfaatan media tanpa landasan etika.

"Kami belum tahu motif pelaku yang membuat dan mengunggah kolase foto tersebut di media sosial. Tapi apapun motifnya, itu adalah cermin dari pemanfaatan media digital yang tidak dilandasi akhlak dan etika," terang Wamenag di Jakarta dalam keterangannya, Kamis (01/10/2020). 

Wemenag berharap, masyarakat lebih bijak dalam mengisi sosial media agar tidak mudah termakan oleh hoaks. Tidak jarang, lanjut Wamenag, informasi hoaks dapat memancing emosi dan amarah serta menumbuhkan kebencian. 

Hal tersebut pada akhirnya bisa mendorong untuk melakukan tindakan yang tidak semestinya. "Saya menduga pelaku termakan isu hoaks dari media sosial," ujarnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk membiasakan klarifikasi atau tabayyun saat mendapatkan setiap mendapat informasi, apalagi dari media sosial. Sehingga, bisa terjaga dari emosi dan tumbuhnya kebencian kepada seseorang atas informasi yang belum tentu terbukti kebenarannya.

Terkait sanksi atas perbuatan pelaku, Wamenag menyerahkan hal tersebut pada aparat. Menurutnya, jika perbuatan itu masuk dalam kategori tindak kriminal, maka itu urusan hukum. 

"Mereka yang berbuat harus bertanggung jawab. Ketika bersalah, harus berhadapan dengan hukum. Kita semua sama di hadapan hukum," tandasnya.

Rekomendasi