Sebelum Pemerintah Patok Harga Maksimal di Rp900 ribu, Berapa Biaya Swab Test Mandiri?

| 04 Oct 2020 10:31
Sebelum Pemerintah Patok Harga Maksimal di Rp900 ribu, Berapa Biaya Swab Test Mandiri?
Ilustrasi : uji usap COVID-19 (Flickr/Senado Federal)

ERA.id - Pemerintah melalui Kemeterian Kesehatan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah menetapkan batas tertinggi untuk uji usap atau swab test mandiri sebesar Rp900 ribu. Keputusan ini diambil karena banyaknya fasilitas kesehatan yang mematok harga terlalu tinggi.

"Kesepakatan bersama batas tertinggi biaya pengambilan swab dan pemeriksaan tes PCR mandiri yang bisa kami pertanggungjawabkan untuk ditetapkan kepada masyarakat yaitu sebesar Rp900 ribu," ujar Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir dalam konfrensi pers yang disiarkan di YouTube Kemenkes RI, Jumat (2/10/2020).

Harga Rp900 ribu itu, kata Abdul, sudah termasuk biaya pengambilan swab test, sekaligus biaya pemeriksaan real time PCR. Namun, harga tersebut hanya berlaku untuk swab test mandiri saja.

Sedangkan untuk swab test penelusuran kontak akan ditunggung oleh pemerintah jika sudah mengantongi rujukan dari rumah sakit atau ditemukan pada tracing.

Sebelum menentukan batas tertinggi untuk swab test, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengungkap masih ada rumah sakit yang mematok harga swab test hingga Rp2,5 juta. Padahal, seharusnya tidak lebih dari Rp500 ribu

"Ada RS yang mematok harga tes PCR swab sampai di atas 2,5 juta rupiah. Padahal harga yang bisa kita lihat sebenarnya tidak akan pernah lebih dari 500 ribu rupiah per unit atau per sekali pemeriksaan spesimen," ujar Doni saat rapat dengan Komisi VIII DPR RI, Kamis (3/9/2020).

Pengalaman ini dirasakan oleh Nurul, seorang warga DKI Jakarta, yang menjalani swab mandiri di salah satu laborarium di kawasan Kemang, Jakarta Pusat dengan harga Rp1.100.000 untuk layanan swab PCR drive-through. Sementara untuk melihat hasilnya, Nurul mengaku langsung bisa dilihat dihari yang sama.

Selain itu, Humas Rumah Sakit Universitas Indonesia Kinanti menyebutkan pihaknya mematok harga swab test mandiri sebesar Rp1.675.000.

Bagaimana dengan Rumah Sakit lainnya, berikut penelurusan Era.id terkait harga swab test di beberapa rumah sakit:

RS Mayapada

  • Harga swab test: Rp3,5 juta hasil tes keluar 6 jam.
  • Paket Rp3 Juta, hasil dalam 12 Jam setelah diterima bagian laboratorium
  • Paket Rp2 Juta, hasil satu hari setelah swab
  • Paket Rp1,5 Juta, hasil dalam 3 hari

RS Siloam

  • Biaya swab test: Rp 2,5 juta dan Rp 3,5 juta
  • Hasil tes keluar pada hari yang sama untuk paket Rp 3,5 juta.
  • Paket Rp 2,5 juta keluar sehari setelah tes.

RS Premier Jatinegara

  • Biaya swab test: Rp3.000.0000 hasil keluar 6 jam
  • Paket Rp2.000.000 hasil keluar 24 jam
Rekomendasi