Cek Fakta: Video Bukti Massa Bayaran pada Demo Tolak UU Cipta Kerja

| 12 Oct 2020 12:00
Cek Fakta: Video Bukti Massa Bayaran pada Demo Tolak UU Cipta Kerja
Massa aksi menolak UU Cipta Kerja (Mazzini/ Era.id)

ERA.id - Akun Facebook Mangkok Sapujagat mengunggah video seseorang membagikan uang. Orang tersebut diklaim membagikan uang saat demonstrasi Undang-undang (UU) Cipta Kerja.

Massa aksi demo tersebut pun dituding hanya massa bayaran. Video berdurasi 37 detik tersebut dibagikan 2,9 ribu kali dengan 11 ribu komentar.

Akun Facebook Mangkok Sapujagat menuding pendemo UU Cipta Kerja bayaran (Dok. Turnbackhoax.id)

Setelah ditelusuri, menngutip laman turnbackhoax.id, video serupa pernah ditayangkan akun Youtube BELITANG TV berjudul 'Maraknya Money Politik'. Video tersebut diunggah pada 9 April 2019. 

Penelusuran lebih lanjut, ditemukan foto yang identik dengan video yang diunggah Facebook Mangkok Sapujagat. Foto tersebut diunggah pada berita sumselupdate.com yang diunggah 8 April 2019 berjudul 'Video Diduga Bagi-bagi Duit di Belitang Viral, Bawaslu OKU Timur Segera Ambil Tindakan'.

Video unggahan Facebook Mangkok Sejagat pernah dibagikan pada 2019 (Dok. Turnbackhoax.id)

Potongan video tersebut juga ditayangkan pada artikel sumsel.tribunnews.com berjudul 'Beredar Video Bagi-duit Pecahan Rp 50 Ribu di OKU Timur, Bawaslu Langsung Investigasi'.

Berdasarkan penelusuran di atas, video yang diklaim massa bayaran pada demonstrasi menolak UU Cipta Kerja tidak benar. Unggaha Facebook tersebut masuk dalam kategori konten yang salah. 

Rekomendasi