Suporter PSM dalam Pusaran Pilkada Makassar 2020

| 12 Oct 2020 14:11
Suporter PSM dalam Pusaran Pilkada Makassar 2020
Para suporter PSM yang mendukung Appi-Rahman di Pilwalkot Makassar (Ist)

ERA.id - Kick out politics of football memang sangat sulit dijalankan, sebab berkaca di Makassar, para pentolan suporter PSM, malah terlibat politik praktis. dalam memenangkan beberapa pasangan calon pilwalkot. Yang paling menonjol adalah dukungan ke Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman). Logis memang, sebab sepak bola di Indonesia belum bisa dilepaskan dari kegiatan poltik. 

Dalam tim Appi-Rahman, ada Tim 12. Tim tersebut digagas oleh suporter PSM dari beberapa kelompok seperti The Macz Man, Laskar Ayam Jantan dan Red Gank. Tentu saja, tak ada nama kelompok suporter di sana. Mereka membawa diri sendiri.

Sebut saja seperti Sadakati Sukma dari Red Gank. Ia dengan terang-terangan mendukung ipar Erwin Aksa itu maju dalam Pilkada Makassar 2020. Bahkan menurutnya, Appi layak didukung.

"Saya berbicara sebagai suporter PSM tentu mengharapkan teman-teman suporter lainnya bisa melihat siapa yang betul-betul peduli dan berjuang untuk PSM. Nah saya melihat itu ada di Pak Appi, jauh sebelum beliau ingin mencalonkan diri sebagai calon wali kota, kepeduliannya terhadap PSM sudah kita lihat,” kata Sekjend Tim 12 Suporter PSM, Sadakati Sukma, Minggu (11/10/2020), dilansir Fajar.co.id.

Di paslon Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Ical-Fadli; Dilan) ada juga suporter PSM. Bahkan, mantan Media Officer PSM, sekarang menjabat sebagai juru bicara Dilan yakni Widya Syadzwina. Para suporter yang mendukung Dilan, tergabung dalam tim pemenangan Andalan, singkatan dari Anak Mudana DILAN.

"Tim pemenangan ini dibentuk, karena kami berharap Deng Ical dan dokter Fade mampu memimpin Kota Makassar sehingga ada keterwakilan anak Muda di lingkup pemerintahan," kata Muhammad Fahrawi, salah satu anggota Suporter PSM saat dijumpai dalam pertemuan dokter Fadli dan tim Andalan di Just Cafe, Jumat malam (9/10/2020) dalam rilis tim Dilan.

Ia menilai, dokter Fadli yang masih merupakan kaum milenial, mampu memahami seluruh kebutuhan anak muda di Kota Makassar, khususnya dalam lingkup persepakbolaan yang selama ini masih sangat kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Ada juga Azhraf yang juga bagian dari tim pemenangan Andalan sekaligus Suporter PSM menyampaikan, dokter Fadli adalah sosok yang tepat mewakili Anak Muda di Kota Makassar.

"Saya sering berbincang dengan dokter Fadli. Ia adalah tipikal orang yang pemikirannya di luar dari pemikiran orang-orang pada umumnya. Ia memiliki banyak ide-ide yang luar biasa, yang saya anggap hanya dia yang mampu menjadikan Kota Makassar ini lebih baik dari sebelumnya,"ungkap Azhraf.

Di tim Danny-Fatma juga ada satu nama yang tenar, yakni Ahmad Susanto. Ketua dari Ramang Mania ini sejak lama secara terang-terangan mendukung Moh Ramdhan "Danny" Pomanto. Bahkan, Ramang Mania, meski terbilang baru terbentuk, sudah punya banyak anggota.

Tags : pilkada 2020
Rekomendasi