Aksi Tolak UU Cipta Kerja Masih Berlanjut, BEM SI Gelar Demo Siang Ini di Istana Negara

| 16 Oct 2020 10:26
Aksi Tolak UU Cipta Kerja Masih Berlanjut, BEM SI Gelar Demo Siang Ini di Istana Negara
Ilustrasi (Angga Nugraha/era.id)

ERA.id - Aksi menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) Omnibus Law masih terus bergulir. Hari ini, Jumat (16/10/2020) siang, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) se-Jabodetabek Banten akan kembali menggelar aksi damai menolak pengesahan UU Cipta Kerja di sekitaran Istana Negara, Jakarta.

"Aksi ini merupakan aksi damai dan lepas dari semua tindakan anarkis sebagai perwujudan gerakan intelektual dan moral mahasiswa Indonesia," kata Koordinator Wilayah BEM Se Jabodetabek-Banten Aliansi BEM SI Bagas Maropindra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/10/2020).

Pertama, BEM SI mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

"Demi mencabut UU Cipta Kerja yang telah disahkan pada Senin, 5 Oktober 2020," ujarnya.

Kedua, BEM SI mengecam tindakan pemerintah yang berusaha mengintervensi gerakan dan suara rakyat atas penolakan terhadap UU Cipta Kerja.

BEM SI juga mengecam sikap aparat yang bertindak represif terhadap seluruh massa aksi. Tidak hanya itu, mereka juga mengecam berbagai upaya penyadapan terhadap para aktivis dan akademisi yang menolak UU Cipta Kerja.

"Mengajak mahasiswa seluruh Indonesia bersatu untuk terus menyampaikan penolakan atas UU Cipta Kerja hingga UU Cipta Kerja dicabut dan dibatalkan," ucapnya.

Rekomendasi