Jokowi Minta Jangan Grasa-Grusu Soal Vaksin COVID-19

Tim Editor

Presiden Jokowi (Dok. Setkab)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran menterinya agar pengadaan dan pelaksanaan vaksin COVID-19 dilakukan dengan aman dan efektif. Sebab hal ini berkaitan dengan kepercayaan publik.

"Saya minta pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi betul-betul dipastikan keamanan dan keefektifannya. Keamaanan artinya kalau disuntik betul-betul melalui sebuah tahapan-tahapan, uji klinis yang benar. Karena kalau tidak, ada satu saja yang masalah, nanti bisa menjadikan ketidakpercayaan masyarakat akan upaya vaksinasi ini," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas Perencanaan dan Pelaksanaan Vaksinasi, Senin (26/10/2020).

Jokowi mengatakan saat ini publik masyarakat sangat menyoroti masalah keamanan dari vaksin COVID-19. Karena itu, seluruh tahapan vaksinasi harus dengan sains dan standar kesehatan.

Dia mengingatkan para menterinya supaya jangan tergesa-gesa melakukan vaksinasi sehingga mengesampingkan masukan para ahli dan pakar.

"Jangan timbul persepsi pemerintah tergesa-gesa, terburu-buru tanpa ikuti koridor-koridor ilmiah yang ada. Tolong betul-betul kita lalui semuanya meskipun ingin dipercepat, hal-hal tadi jangan sampai dilupakan," tegas Jokowi

"Yang dilakukan pemerintah adalah langkah gerak cepat," imbuhnya.

Selain isu keamanan dan keefektifan, Jokowi menambahkan masyarakat juga memperhatikan soal akses mendapatkan vaksin COVID-19. Oleh karena itu, dia memerintahkan menteri-menterinya untuk mempersiapkannya dengan cermat.

Misalnya seperti proses vaksinasi, prioritas yang mendapatkan vaksinasi, dan juga soal biaya vaksinasi untuk vaksin COVID-19 mandiri.

"Vaksinasi ini akan berjalan dan dilakukan secara bertahap dan hal ini perlu dijelaskan secara jelas, secara gamblang kepada masyarakat, siapa saja kelompok yang mendapat prioritas vaksin lebih awal, kenapa mereka dulu, itu harus dijelaskan," katanya.

"Yang mandiri atau bayar sendiri, pengenaan biaya vaksinasi secara mandiri harus betul-betul dikalkulasi dan dihitung secara cermat, disiapkan aturan sejak awal dan saya minta harganya bisa terjangkau," tegasnya.

Jokowi menekankan, terkait vaksin COVID-19 pemerintah memang melalukan langkah cepat namun penuh perencanaan. Karena itu, perlu perencanaan yang matang.

Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan vaksinasi COVID-19 sangat penting. Sebab berkaitan dengan kesehatan dan juga ekonomi.

"Semua negara tengah berlomba-lomba untuk memperoleh vaksin secepat-cepatnya. Kita tahu, ini semuanya kejar-kejaran, semua kejar-kejaran vaksin agar warga mereka bisa pulih, ekonominya bangkit," pungkas Jokowi.

Tag: jokowi covid-19 di indonesia vaksin covid-19 vaksin sinovac Vaksin Merah Putih Satgas COVID-19

Bagikan: