Fadli Zon Minta Tunda Vaksinasi COVID-19, Rakyat Jangan Jadi 'Kelinci Percobaan'

| 28 Oct 2020 15:00
Fadli Zon Minta Tunda Vaksinasi COVID-19, Rakyat Jangan Jadi 'Kelinci Percobaan'
Fadli Zon (Dok. Instagram Fadli Zon)

ERA.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Fadli Zon meminta pemerintah menunda vaksinasi COVID-19 untuk rakyat Indonesia. Ia tak ingin rakyat menjadi kelinci percobaan vaksin ini.

"Masih banyak pertanyaan, apakah yang mau disuntikkan vaksin atau vaksin yang masih dalam satu proses uji coba yaitu uji coba klinis tahap III? Kita tidak ingin rakyat Indonesia menjadi kelinci percobaan, bahkan menjadi bebek percobaan," kata Fadli melalui Youtube Fadli Zon Official, Rabu (28/10/2020).

Ia memahami keberadaan vaksin ini ditunggu rakyat Indonesia bahkan dunia. Tapi vaksin harus dipastikan ampuh dan aman. Keampuhan dan keamanan ini yang harus dijamin pemerintah termasuk Indonesia. 

"Apakah vaksin yang akan disuntikkan betul-betul vaksin yang sudah final atau masih uji klinis yang ketiga? Kedua apakah vaksin ini betul-betul aman dan ampuh, kita belum tahu hasilnya apa," kata Fadli. 

Ia mencontohkan Presiden Brazil, Jair Bolsonaro saja membatalkan pembelian vaksin COVID-19 dari China. Pertanyaan-pertanyaan tersebut menurut Fadli harus dijawab pemerintah.

"Sebaiknya vaksin ini betul-betul ampuh dan aman dan tidak perlu tergesa-gesa, karena kalau tergesa-gesa kita bisa mempertaruhkan nasib dari rakyat Indonesia yang disuntikkan vaksin, ini jadi concern bersama," kata Fadli.

Rekomendasi