PPP Klarifikasi Soal Suharso Monoarfa Pakai Jet Pribadi

| 30 Oct 2020 11:10
PPP Klarifikasi Soal Suharso Monoarfa Pakai Jet Pribadi
Suharso Monoarfa (Dok. Instagram suharsomonoarfa)

ERA.id - Wakil Ketua SC Muktamar PPP ke-9 Syaifullah Tamliha menanggapi isu penggunaan jet pribadi oleh Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa selama konsolidasi ke daerah. Dia menegaskan, penggunaan jet pribadi itu tidak menggunakan uang partai, fraksi atau kementerian.

"Penggunaan pesawat pribadi tersebut sepengetahuan kami tidak dalam bentuk carteran, tidak menggunakan dana partai, fraksi dan atau Kementerian PPN atau Bappenas," ujar Syaifullah dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020).

Dia menjelaskan alasan penggunaan jet pribadi itu karena padatnya jadwal Suharso Monoarfa selama konsolidasi dan terbatasnya fasilitas milik partai. Hal tersebut menyebabkan beberapa kolega Suharso meminjamkan pesawat jet pribadi agar maksimal melaksanakan tugas partai.

Ketua DPP PPP ini menambahkan, konsolidasi partai yang dilakukan Suharso dirasa mendesak bukan hanya karena menjelang Muktamar IX PPP. Tetapi juga konsolidasi pemenangan Pilkada 2020.

"Konsolidasi partai dirasakan mendesak yang tidak hanya menjelang muktamar PPP ke-9, melainkan juga konsolidasi pemenangan Pilkada dalam rangka memenangkan calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah yang diusung oleh PPP pada 270 Pilkada serentak insya Allah tanggal 9 Desember 2020 yang hanya efektif dilakukan sekitar satu bulan," kata Syaifullah.

Syaifullah juga menegaskan, pemberian pinjaman pesawat pribadi tersebut tidak ada kaitannya dengan jabatan kementerian yang dijabat oleh Suharso Monoarfa. Terkait protes dari salah seorang kader PPP, Nizar Dahlan, yang mengkritik penggunaan jet pribadi, Syaifullah menyebut yang bersangkutan bukan lagi anggota Dewan Pakar PPP.

"Perlu kami klarifikasi, bahwa berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM Nomor: M.HH-10.AH.11.01 tanggal 5 November 2018 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Kepengurusan DPP PPP masa jabatan 2016-2021 tidak terdapat nama Sdr Nizar Dahlan sebagai Anggota Dewan Pakar DPP PPP," kata dia.

Sebelumnya, anggota Majelis Pakar PPP, Nizar Dahlan mengkritik gaya blusukan Suharso. Apalagi Menteri PPN itu keliling Indonesia menggunakan private jet.

Rekomendasi