Pasar Prawirotaman Jogja Akan Dibuka pada 4 Desember

| 17 Nov 2020 20:30
Pasar Prawirotaman Jogja Akan Dibuka pada 4 Desember
Fasiltas los yang disiapkan untuk pedagang di Pasar Prawirotaman Yogyakarta usai direvitalisasi.

ERA.id - Sejumlah pekerjaan untuk menyempurnakan proses revitalisasi fisik Pasar Prawirotaman Yogyakarta terus dikerjakan agar pembukaan pasar ini bisa dilakukan secara resmi pada awal Desember 2020. 

“Kami rencanakan, pasar akan diresmikan pada 4 Desember. Untuk penempatan kembali para pedagang pun saat ini masih terus berproses,” kata Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Kadri Renggono di Yogyakarta, Selasa (17/11/2020).

Catatan yang disampaikan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat meninjau kesiapan pasar pada pekan lalu, lanjut Kadri, juga sudah dibenahi, salah satunya pemasangan penanda atau papan informasi mengenai jenis dagangan yang dijual di tiap lantai pasar.

“Juga sudah diberi penanda untuk arah toilet, pintu keluar, dan juga penanda arah berjalan bagi konsumen yang berbelanja sehingga protokol kesehatan tetap bisa diterapkan,” katanya.

Pasar Prawirotaman Yogyakarta yang semula adalah pasar satu lantai kini telah berubah menjadi pasar empat lantai. Lantai satu hingga tiga digunakan untuk berjualan bahan kebutuhan pokok, sedangkan lantai empat digunakan untuk pengembangan ekonomi kreatif.

“Kondisi pasar pun sudah semakin bersih dan saya rasa sudah siap untuk ditempati kembali dan digunakan untuk pedagang. Tinggal berproses untuk penempatan kembali pedagang melalui undian tempat,” katanya.

Ia mengharapkan kondisi Pasar Prawirotaman yang kini merupakan bangunan megah tersebut juga mampu menarik minat generasi milenial untuk berbelanja di pasar tradisional.

“Pasar ini harus terus dijaga agar selalu bersih dan nyaman. Bahkan pasar ini juga dilengkapi dengan fasilitas transaksi digital yang akan memudahkan pembeli,” katanya.

Rekomendasi